Sketsa Gambar Cerita Dibuat Pada Bidang Gambar Dua Dimensi Berupa – Contoh 1 : Contoh 2 1. Komik 2. Sampul 3. Majalah 4. Cerita 1. Teknik kering a. Pensil b. Krayon c. Pil atau spidol 2. Teknik basah

Cerita bergambar banyak dijumpai pada buku anak-anak. Ada beberapa contoh gambar cerita yang bisa Anda temukan di artikel ini. Lihat juga gambar apa itu cerita, lengkap dengan jenisnya, fungsi dan cara pembuatannya.

Sketsa Gambar Cerita Dibuat Pada Bidang Gambar Dua Dimensi Berupa

Panas dan Perpindahan, Gambar cerita merupakan gambar yang memperlihatkan kegiatan dalam suatu peristiwa, dapat berupa gambar orang atau binatang.

Contoh Gambar Mozaik Yang Simpel Dan Mudah Ditiru, Simak Pula Definisinya

Gambar cerita banyak dijumpai pada buku cerita, khususnya buku anak-anak. Gambar cerita digunakan untuk menceritakan suatu peristiwa yang benar-benar terjadi atau sekedar khayalan.

Yang kedua adalah cuplikan cerita dalam Buku Cerita Celengan dari website Pusat Pendidikan Anti Korupsi Komisi Pemberantasan Korupsi.

Berikut beberapa jenis gambar cerita yang dikutip dari buku Seni Budaya dan Kerajinan (SBDP) Karya Seni Sekolah Dasar Dua Dimensi: Gambar Cerita di website Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan:

Gambar sampul biasanya berisi ilustrasi berdasarkan isi buku. Fungsi ilustrasi sampul adalah agar lebih menarik.

Kisah Dan Makna Mural Cantik Di Kampung Batik

Majalah atau surat kabar tidak boleh hanya memuat artikel saja. Pasti akan ada beberapa gambar yang diposting, baik foto acara maupun ilustrasi.

Cerita ini bisa berbentuk buku atau apa saja, baik berupa buku bergambar (cergam) maupun cerita pendek (raska). Ceritanya biasanya disertai ilustrasi, meski hanya satu.

Alat dan bahan pembuatan gambar cerita dengan teknik kering antara lain pensil, kapur tulis, krayon, atau bahan lain yang tidak memerlukan air. Cerita dapat dibuat langsung pada kertas gambar.

Caranya bisa dimulai dengan membuat sketsa atau menggambar gambar yang mewakili sebuah cerita. Beri garis atau warna sesuai dengan media kering yang dipilih.

Gambar Ilustrasi: Jenis Jenis Dan Teknik Menggambarnya

Krayon memiliki warna yang lebih berani dan warna yang beragam. Krayon merupakan campuran bahan lilin dan pewarna yang aman untuk anak-anak.

Pada teknik basah, media yang digunakan memerlukan tambahan air, misalnya cat air, tangki tinta atau tinta Cina, cat poster yang memerlukan penambahan air agar menjadi cair.

Baca Juga  Mengapa Air Di Permukaan Bumi Bisa Mengalami Penguapan

Kemudian beri warna sesuai dengan media basah yang disiapkan. Alat yang biasa digunakan seperti kuas dan palet warna.

Nah kita sudah melihat contoh gambar cerita lengkap dengan penjelasan pengertiannya, jenis cerita, fungsi dan cara pembuatannya. Anda dapat menerbitkan buku Anda online secara gratis dalam hitungan menit! Buat flipbook Anda sendiri

Seni Lukis (sb Bab 1)

43 Tahukah kamu apa yang dimaksud dengan gambar dalam dongeng tersebut? Bacalah bacaan di bawah ini dengan cermat! Gambar Alur Cerita Gambar alur cerita adalah gambar yang memperlihatkan tindakan orang atau hewan dalam suatu peristiwa. Gambar cerita dapat ditemukan pada buku cerita khususnya untuk anak-anak, untuk menceritakan suatu peristiwa, baik kejadian nyata maupun cerita khayalan. Bagaimana gambaran cerita tersebut dibuat? Menggambar cerita dapat dilakukan dengan teknik kering dan teknik basah. Alat dan bahan menggambar cerita dengan teknik kering, menggunakan beberapa alat misalnya pensil, kapur tulis, krayon atau bahan lainnya yang tidak memerlukan air. Pada teknik basah, media yang dibutuhkan adalah cat air, tinta tangki, atau tinta cina, yaitu cat poster yang menggunakan air sebagai pengencer. 1. Teknik Kering Menggambar cerita menggunakan teknik kering, tidak menggunakan air encer. Cerita dibuat langsung di atas kertas gambar. Pertama, buatlah sketsa atau desain gambar yang mewakili sebuah cerita. Setelah itu diberi garis atau warna sesuai dengan media kering yang digunakan. Beberapa contoh media kering yang biasa digunakan antara lain: a) Pensil.

44 Judul Gambar: Bencana Letusan Gunung Berapi Sumber: www.japirensil.blogspot.co.id b) Krayon Warna Krayon bermacam-macam warnanya. Krayon merupakan campuran bahan lilin dan pewarna yang aman untuk anak-anak. Krayon digunakan untuk menggambar cerita yang memerlukan variasi warna. Kepahlawanan Sumber : : www.sanggarlukiskumeli.blogspot.co.id c) Pena atau spidol Pena atau spidol juga digunakan untuk menggambar cerita yang tokohnya terjebak dalam garis. Lihatlah salah satu gambar dari cerita di bawah ini. Sumber: www.imgrum.org

45 2. Teknik Basah Media yang digunakan untuk teknik basah antara lain cat air, tinta, atau media lain yang memerlukan air sebagai pengencer. Cerita tersebut dibuat dengan cara membuat sketsa pada bidang gambar dua dimensi yang berbentuk kertas. Setelah itu diberi warna sesuai dengan media basah yang diisikan. Teknik basah memerlukan beberapa alat dan bahan seperti cat air, cat poster, wadah tinta atau tinta Cina, berbagai jenis kuas dan palet cat air. Di bawah ini adalah contoh gambar cerita yang dibuat dengan teknik basah. Sumber Widyatno: http://urbansketcherwidiyatno.wordpress.com

46 Setelah anda mengetahui alat dan bahan yang digunakan dalam membuat gambar dongeng, lakukanlah kegiatan berikut bersama kelompok anda. 1. Jelaskan apa yang kamu ketahui tentang gambar-gambar dalam cerita tersebut. Catat sendiri pemahaman kata yang tersembunyi menggunakan kata-kata yang tersembunyi itu, di buku catatan! 2. Berdasarkan pemahaman kalian terhadap gambar cerita, bersama-sama kelompok kalian mencari beberapa gambar cerita dari majalah dan surat kabar. 3. Gunting gambar dari cerita dan tempelkan pada buku bergambar ukuran A4. 4. Tulislah beberapa keterangan di bawah cerita tersebut, seperti: a. Lukisan, b. Teknik yang digunakan dan c. Alat yang digunakan. 5. Lihatlah gambar dongeng yang telah kamu pilih, kemudian bicarakanlah dengan teman-temanmu dalam kelompok tentang cerita dongeng yang telah kamu sajikan. Tulis cerita yang Anda inginkan dari gambar di bawah keterangan gambar. 6. Pajang hasil kerja kelompokmu di dinding kelas. Lakukan observasi terhadap gambar cerita milik kelompok lain. Apa yang dapat kamu simpulkan dari kegiatan di atas? Tuliskan kesimpulan Anda pada kolom di bawah ini. Kesimpulan: ………………………………………… ………………………………………… .. …………………………………………… .. . …………………………………………… … ……. ………………………………………… … …… .. …………………………………. …. …………… .. …………………… ….. ……………….. ……….. .. ………… ….. …………… …. …………………… ….. ………… …. ………………………. …… ………………………………….. ….. …. …………………………………….. … … …………………………………………… ……. …………………………………. …….. …………………………………………… ……… ……

Baca Juga  1kg Berapa Ml

Dasar Dasar_dkv (1) Pages 151 200

48 Pelajaran 6 PEMBELAJARAN 6 BAHASA INGGRIS 3.3 Meringkas teks penjelasan dari media cetak atau elektronik. 4.3 Menyajikan ringkasan teks eksplanasi dari media cetak atau elektronik dengan menggunakan kosakata baku dan kalimat efektif secara lisan, tertulis, dan visual. PPKn 1.2 Mendengarkan tugas, hak dan kewajiban sebagai warga negara dan umat beragama dalam kehidupan sehari-hari. 2.2 Menunjukkan sikap bertanggung jawab dalam melaksanakan tugas dan hak sebagai warga negara dalam kehidupan sehari-hari. 3.2 Memahami hak, tugas dan tanggung jawab sebagai warga negara dalam kehidupan sehari-hari. 4, 2 Mendeskripsikan hak, tugas dan tanggung jawab sebagai warga negara dalam kehidupan sehari-hari. SBdP 3.1 Memahami gambar cerita 4.1 Membuat gambar cerita

49 Masih ingatkah kamu tentang perpindahan panas secara konduksi? Perpindahan panas dengan cara ini memerlukan zat perantara yang membantu perpindahan panas dari sumber panas ke benda lain. Permasalahan sosial yang timbul di masyarakat salah satunya disebabkan oleh pihak-pihak yang tidak memenuhi kewajibannya. Permasalahan sosial seperti kecelakaan lalu lintas, sampah, kejadian kriminal sering terjadi disekitar kita. Adakah permasalahan sosial lain yang disebabkan oleh wanprestasi salah satu pihak di masyarakat? Bacalah bacaan dibawah ini dengan seksama. Permasalahan Sosial di Sekitar Kita Dengan hadirnya media berita yang semakin maju, baik cetak maupun elektronik, masyarakat dapat dengan mudah mengetahui apa yang terjadi di tempat lain. Tak terkecuali pemberitaan masalah sosial yang kerap diberitakan. Beberapa permasalahan sosial seperti pencemaran lingkungan, fasilitas umum yang rusak atau buruk, perilaku yang tidak disiplin, permasalahan sosial yang sering terjadi. Pencemaran lingkungan terjadi karena masyarakat sembarangan membuang bahan-bahan berbahaya ke lingkungan alam. polusi limbah

Baca Juga  Gerakan Mengangkat Tangan Kanan Dengan Penuh Tenaga Termasuk Dalam Gerakan

50 cairan yang ada di sungai, dapat mencemari air sungai yang merugikan bagi masyarakat yang menggunakannya. Pencemaran udara juga disebabkan oleh kendaraan yang tidak dapat dikendarai sehingga mencemari udara dengan zat-zat berbahaya seperti timbal dan karbon monoksida. Selain itu, masih terdapat pabrik yang membuang limbah melalui udara. Pencemaran tanah juga terjadi karena manusia membuang zat-zat berbahaya yang dapat membunuh organisme di dalam tanah yang dibutuhkan tanaman. Fasilitas umum biasanya disediakan oleh pemerintah dan digunakan untuk kebutuhan masyarakat. Fasilitas umum yang mudah ditemukan antara lain fasilitas angkutan umum, fasilitas pendidikan, dan fasilitas kesehatan. Transportasi, terminal, pelabuhan, beberapa contoh alat transportasi. Gedung sekolah, museum, gedung olah raga merupakan contoh sarana pendidikan. Sedangkan rumah sakit, apotek, dan puskesmas merupakan contoh fasilitas kesehatan. Seringkali masyarakat tidak menjaga fasilitas umum tersebut sehingga tidak terawat dan rusak. Apabila fasilitas umum rusak maka hak orang lain untuk menggunakannya akan terganggu. Dengan menjaga dan melaporkan kerusakan, masyarakat dapat menjaga segala sesuatunya tetap berjalan. Dalam kehidupan sehari-hari banyak sekali terjadi tindakan yang tidak disiplin, misalnya saja di jalan raya. Kecelakaan lalu lintas dan kemacetan lalu lintas merupakan salah satu akibat dari perilaku tidak disiplin. Contoh perilaku tidak disiplin adalah: mengemudikan kendaraan melawan arus. Mengendarai sepeda motor di tempat yang tidak semestinya, misalnya di trotoar atau jembatan penyeberangan. Parkirkan kendaraan dimana saja, berhenti untuk menurunkan dan mengambil penumpang dimanapun, dan menyeberang jalan tanpa pandang bulu, tidak menggunakan jembatan penyeberangan orang. Sumber: BSE IPS 4, Pusbuk, 2008 dengan penyesuaian

51 Permasalahan sosial yang terjadi sebagaimana diuraikan pada bacaan di atas mungkin juga terjadi di sekitar Anda. Pernahkah Anda memikirkan ide untuk mengurangi terjadinya masalah sosial ini? Gunakan bacaan di atas, lakukan aktivitas di bawah ini! A. Lengkapi tabel di bawah ini dengan menggunakan informasi dari bacaan di atas. Perhatikan sebuah contoh. Permasalahan sosial yang disebabkan oleh pihak-pihak yang terlibat dalam mengatasi kemacetan lalu lintas Kurangnya disiplin pengguna jalan Ketaatan terhadap peraturan lalu lintas B. Waspadai lingkungan sekitar Anda, baik di sekolah maupun di rumah. Gunakan tabel di bawah ini untuk menuliskan permasalahan sosial yang terjadi di sekitar Anda. Lihat bagan sebelumnya sebagai panduan Anda.

Bab 5 Teorema Pythagoras

52 Penyebab Masalah Sosial Pihak yang Terlibat Cara Mengatasinya C. Bersama teman sekelasmu, pilihlah masalah sosial yang sering terjadi di sekitarmu berdasarkan grafik yang telah kamu buat sebelumnya. Selanjutnya, buatlah poster agar masyarakat dapat berperan untuk mencegah terulangnya masalah sosial ini. Gunakan kertas A4 untuk membuat poster Anda!

Sketsa dua dimensi, gambar seni dua dimensi, sketsa gambar 3 dimensi, sketsa gambar 2 dimensi, contoh gambar dua dimensi, gambar dua dimensi, gambar lukisan dua dimensi, seni grafis dibuat pada bidang, gambar dua dimensi adalah, gambar dua dimensi pemandangan, gambar batik dua dimensi, dimensi dua