Teks Eksplanasi Terdiri Dari – Ingin menulis naskah teks ekspositori tetapi tidak dapat menemukan referensi? Sekarang mari kita lihat beberapa contoh teks ekspositori dan penjelasan strukturnya pada artikel bahasa indonesia kelas 11 berikut ini.

Anda pasti bertanya-tanya bagaimana peristiwa gempa dan tsunami dahsyat tahun 2004 yang terjadi di Aceh bukan?

Teks Eksplanasi Terdiri Dari

Banyak fenomena alam dan sosial yang terjadi di sekitar kita. Fenomena ini seringkali membuat Anda berpikir dan memunculkan berbagai pertanyaan, sehingga kita perlu mendapatkan lebih banyak informasi untuk memahaminya.

Materi Teks Eksplanasi

Nah, ada satu teks yang dapat membantu menjawab pertanyaan-pertanyaan tersebut, yaitu teks ekspositori. Teks eksplanasi adalah teks yang berisi penjelasan tentang suatu fenomena alam atau sosial yang terjadi dalam kehidupan sehari-hari.

Tujuan dari teks eksplanasi adalah untuk memberikan pemahaman secara rinci dan jelas agar pembaca memahami atau memahami fenomena yang sedang terjadi, sekaligus menambah wawasan pembaca.

Struktur teks eksplanasi terdiri dari pernyataan umum, hubungan sebab-akibat, dan interpretasi penulis. Berikut penjelasan lengkapnya kawan.

Bagian ini mengidentifikasi sesuatu yang kami jelaskan secara umum. Bisa dihubungkan dengan fenomena alam, sosial, budaya dan lainnya. Artikel ini ditandai dengan penggunaan kata kopula. Kata “adalah” dan “juga” merupakan contoh kata kopula yang umum digunakan dalam teks ekspositori.

Materi Teks Eksplanasi Pdf

Setelah gambaran umum fenomena yang saya bahas, pada bagian ini merinci proses peristiwa yang berkaitan dengan fenomena yang dijelaskan sebagai jawaban atas “bagaimana” atau “mengapa”. Bagian ini mungkin memuat beberapa unsur yang berkaitan dengan sebab dan akibat dari fenomena tersebut.

Telah terjadi gempa bumi kuat di Aceh pada tanggal 26 Desember 2004 pukul 17:58 WIB. Pusat gempa berada di sebelah barat Aceh, pada kedalaman 10 km. Bencana ini merupakan gempa terkuat dalam 40 tahun terakhir. Kerusakan dilaporkan terjadi di Aceh, Sumatera Utara, pantai barat Semenanjung Malaysia, Thailand, pantai timur India, Sri Lanka dan bahkan pantai timur Afrika.

Gempa ini menimbulkan gelombang laut setinggi 9 meter. Gempa bumi akhir tahun 2004 mencapai magnitudo 9,0 dan korban jiwa mencapai 283.100 jiwa, serta 14.000 orang hilang dan 1.126.900 orang kehilangan tempat tinggal. Gempa bumi dan tsunami merupakan bencana paling mematikan sepanjang sejarah.

Baca Juga  Apa Isi Usulan Dasar Negara Dari Ir Soekarno

Di Indonesia, gempa tersebut memakan korban jiwa lebih dari 126.000 jiwa. Gempa bumi utama menghancurkan puluhan bangunan, khususnya di Meulaboh dan Banda Aceh, di ujung Sumatera. Di Banda Aceh, tsunami merusak sekitar 50% dari seluruh bangunan, dan tsunami yang melanda pesisir pantai Aceh Barat dan Sumatera Utara memakan korban jiwa.

Pengaruh Strategi Ok5r Terhadap Kemampuan Membaca Pemahaman Teks Eksplanasi Siswa Kelas Vii Smp Negeri 4 Lempuing Jaya Kecamatan Lempuing Jaya

Di Sri Lanka, 45.000 orang dipastikan tewas, dan gempa bumi berdampak langsung pada lebih dari 1 juta orang di negara tersebut. Di India, termasuk Kepulauan Andaman dan Nikobar, diperkirakan lebih dari 12.000 orang tewas.

Banyak wisatawan asing di Thailand juga terkena dampak bencana tersebut, terutama di kawasan Phuket, dengan perkiraan korban jiwa mencapai 4.500 orang. Bhumi Jensen, IX. Cucu Raja Rama atau lebih dikenal Bhumibol Adulyadej juga menjadi salah satu korban. Bhumi Jensen baru berusia 21 tahun.

Bahkan di Somalia, di benua Afrika, ribuan kilometer dari Indonesia, dilaporkan lebih dari 100 kematian. Namun sebagian besar dari mereka adalah nelayan.

Gempa bumi dan tsunami Aceh juga sampai ke Thailand. Selain gempa terbesar kedua setelah gempa Chile tahun 1960 yang mencapai 9,5 skala Richter, gempa Aceh menduduki peringkat pertama gempa dengan waktu patahan (durasi) terlama yaitu sekitar 10 menit. Gempa ini cukup besar hingga mengguncang seluruh alam semesta.

Hubungan Kausalitas Dalam Teks Eksplanasi Beserta Contohnya

Belakangan ini, demonstrasi terjadi hampir terus-menerus dan di berbagai tempat. Demonstrasi memang sudah menjadi fenomena umum di masyarakat kita. Menanggapi fenomena tersebut, seorang pemimpin daerah mengatakan bahwa alasan terjadinya protes adalah anarkisme, bukan karena kelaparan. Ia kemudian mencontohkan masyarakat Malaysia dan Brunei yang tenang dan damai karena kepentingannya dilayani, dan jarang terjadi demonstrasi di negara-negara tersebut.

Ucapan ini tentu saja menimbulkan reaksi di kalangan pendengarnya. Mereka protes dan meminta gubernur mencabut pernyataannya. Para siswa tidak menerimanya dan tidak merasa memiliki landasan yang rendah. Mereka bersikeras bahwa demonstrasi biasanya dilakukan hanya untuk memperjuangkan keadilan dan melawan kejahatan yang ada di hadapan mereka.

Karena sakit perut, demonstrasi massal tidak selalu dilakukan, bahkan banyak acara yang tidak didasarkan pada hal tersebut sama sekali. Adapun kebutuhan manusia, Abraham Maslow membaginya ke dalam beberapa tingkatan. Kebutuhan yang paling mendasar adalah makan dan minum. Sedangkan puncaknya adalah kebutuhan akan realisasi diri.

Namun produksi massal biasanya lebih didasarkan pada kebutuhan tingkat terakhir. Masyarakat melakukan protes karena menginginkan pengakuan dari pemerintah atau pihak lain untuk mengakui hak dan kehidupannya. Karena merasa ditinggalkan, dirampas haknya, bahkan tersinggung, mereka berusaha menunjukkan jati dirinya melalui kinerjanya.

Baca Juga  Apakah Yang Dilakukan Abrahah Saat Melihat Ka'bah Dikunjungi Banyak Orang

Pengertian Teks Eksplanasi, Ciri Dan Strukturnya

Banyak fakta yang bisa dibuktikan. Demonstrasi massa yang terjadi pada awal reformasi tanah air pada tahun 1997-1998 bukanlah sebuah demonstrasi miskin dan kelaparan. Faktanya, yang melakukan hal tersebut adalah kalangan menengah ke atas, dalam hal ini pelajar dan kelompok intelektual. Belum lagi jika kita merujuk pada kasus yang terjadi di luar negeri. Pameran dengan skala berbeda (kecil atau besar) bukan lagi hal yang aneh di negara-negara Eropa. Demonstrasi mereka tentu saja tidak didorong oleh rasa lapar, karena biasanya mereka sangat sukses.

Berdasarkan fakta tersebut, jelas bahwa kemiskinan bukanlah penyebab utama terjadinya gelombang demonstrasi. Namun fenomena ini lebih disebabkan oleh kemampuan berpikir kritis masyarakat. Mereka mengetahui hak-haknya dan juga memahami bahwa pelanggaran dan perlakuan sewenang-wenang telah terjadi di sekitar mereka. Mereka kemudian protes dan melontarkan beberapa tuntutan. Jika faktor-faktor ini tidak ada dalam diri mereka, apa pun yang terjadi di sekitar mereka, mereka akan seperti kerbau yang ditusuk hidung: mereka akan mengangguk dan mengatakan “ya” terhadap tindakan apa pun yang dilakukan pemimpin mereka, bahkan jika mereka menghilang atau bahkan menekan diri mereka sendiri. .

Pemerintahan Bandung dimulai dengan piagam Sultan Agung Mataram pada tanggal 20 April 1641. Tanggal inilah yang kemudian dinamakan sebagai hari jadi Kabupaten Bandung.

Sebelum mencapai bentuk pemerintahan seperti sekarang, Kabupaten Bandung mengalami perkembangan kekuasaan dari masa ke masa. Ketika Kerajaan Pajajaran berkuasa, sekitar akhir abad ke-15 dan awal abad ke-16, di Tatar Periangan belum ada kabupaten, yang ada hanya beberapa kecamatan saja. Istilah Prabuan berasal dari kata prabu yang berarti “leluhur” atau “raja muda”.

Materi Kelas 6

Pada tahun 1575, pemerintahan Islam berkuasa di Pajajaran. Hal ini disusul oleh pemerintahan Mataram (1621–1677) dan pemerintahan Belanda. Ketika Mataram berkuasa, nama prabuuan diubah menjadi kabupaten.

Berdasarkan bagan tersebut, Sultan Agung mengangkat Tumenggung Wiraangunangun sebagai Gubernur Bandung. Saat itu, Pemerintah Kabupaten Bandung fokus di wilayah Krapyak atau Bojongasih. Tepatnya di tepian Sungai Cikapundung, dekat muaranya yaitu Sungai Citarum. Nama Krapyak kemudian diubah menjadi Citeureup. Nama ini masih menjadi salah satu nama desa Dayeuhkolot.

Pada masa pemerintahan Wiranatakusumah II (1794-1829), ibu kota Kabupaten Bandung dipindahkan dari Krapyak (Dayeuhkolot) ke tepi Sungai Cikapundung atau Alun-Alun Bandung. Langkah itu berdasarkan perintah Gubernur Jenderal Hindia Belanda, “Deandels”. Peristiwa itu terjadi pada 25 Mei 1810. Alasan tindakan ini adalah karena prospek pembangunan yang baik di kawasan ini. Saat itu Deandels yang akrab dipanggil “Mas Galak” sedang dalam perjalanan dari Anyer menuju Panarukan. Kebetulan jalur ini melewati Tartar Prianga atau kota Bandung saat ini.

Baca Juga  Nama Dataran Rendah Di Pulau Sulawesi

Aliran energi atau aliran energi berasal dari matahari sebagai sumber utamanya. Energi sinar matahari masuk ke komponen biologis melalui produsen. Menurut produsennya, energi sinar matahari diubah menjadi energi kimia. Energi kimia mengalir dari produsen ke konsumen pada tingkat trofik yang berbeda melalui rantai makanan. Energi kimia yang diperoleh organisme hidup digunakan untuk aktivitas hidupnya.

Explanation Text: Pengertian, Struktur, Ciri Ciri, Dan Contohnya

Semua makhluk hidup menyerap dan menyimpan energi. Asupan dan penyimpanan energi dalam suatu ekosistem disebut produktivitas ekosistem. Produktivitas ekosistem dibagi menjadi dua bagian yaitu produktivitas primer dan produktivitas sekunder.

Energi adalah kemampuan untuk melakukan usaha. Produsen dan konsumen menggunakan sebagian energinya untuk aktivitas kehidupan seperti pertumbuhan, reproduksi, respirasi, dan lain-lain. Namun sebagiannya hilang dalam bentuk energi panas.

Energi memasuki komponen biologis melalui produsen. Energi ini disimpan dalam bentuk bahan organik yang dapat dimanfaatkan sebagai makanan dan disebut produksi primer. Ini adalah nilai referensi (parameter) untuk menghitung semua aliran energi melalui komponen biologis. Berdasarkan hal ini, kita dapat mengukur seberapa banyak kehidupan yang dapat dipertahankan oleh suatu ekosistem.

Sinar matahari merupakan sumber energi utama bagi kehidupan. Tumbuhan yang mengandung klorofil menggunakan sinar matahari untuk fotosintesis. Jumlah sinar matahari yang ditangkap tanaman berbeda-beda. Hal ini tergantung pada ketinggian di atas permukaan laut (ASL) dan tutupan vegetasi di wilayah tersebut.

Pengertian Teks Beserta Jenisnya Lengkap

Klorofil menyerap sebagian kecil energi matahari dan menggunakannya untuk membuat molekul organik yang disimpan sebagai energi kimia. Tingkat di mana tanaman menyimpan energi kimia disebut produksi primer bruto (GRP). Tumbuhan sendiri menggunakan sekitar 20% PPK untuk respirasi dan fotorespirasi. Sisanya disimpan oleh tanaman dan disebut produksi primer bersih (PPB).

Konsumen menggunakan energi yang tersimpan dalam makanan untuk aktivitas hidupnya. Energi yang tersimpan dalam makanan dilepaskan melalui oksidasi (respirasi).

Organisme yang menggunakan energi cahaya untuk mengubah zat anorganik menjadi zat organik disebut fotosintesis. Organisme yang menggunakan energi yang diperoleh dari reaksi kimia untuk menghasilkan makanan disebut kemoautotrof.

Mendengar kata banjir bukan lagi sesuatu yang asing di telinga kita. Banjir di daerah aliran sungai (DAS) merupakan fenomena alam akibat curah hujan dengan intensitas tinggi dan jangka panjang. Banjir dapat disebabkan oleh alam dan aktivitas manusia. Penyebab alami banjir adalah erosi dan sedimentasi, curah hujan, pengaruh fisik/geofisika sungai, kapasitas sungai, drainase tanah dan pengaruh pasang surut. Aktivitas yang menyebabkan banjir

Lkpd Teks Eksplanasi Ilmiah

Teks eksplanasi tentang kebakaran, teks eksplanasi global warming, teks eksplanasi tentang pelangi, soal teks eksplanasi, teks eksplanasi tentang, teks eksplanasi terjadinya pelangi, jenis teks eksplanasi, macam macam teks eksplanasi, teks eksplanasi, teks eksplanasi gempa bumi, pengertian dari teks eksplanasi, teks eksplanasi pelangi