Terhadap Kebudayaan Barat Alangkah Baiknya Kita – Pemerintah bersama berbagai pemangku kepentingan di bidang kebudayaan berhasil merumuskan kebijakan kebudayaan nasional. Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) menyambut baik Program Kebudayaan Nasional pada Kongres Kebudayaan Indonesia (KKI) 2018.

Melalui kata-kata tersebut, Presiden mengucapkan terima kasih kepada seluruh pekerja kebudayaan yang telah bekerja keras memajukan kebudayaan. Ia mengatakan hakikat kebudayaan adalah kegembiraan.

Terhadap Kebudayaan Barat Alangkah Baiknya Kita

Presiden menilai bangsa Indonesia mempunyai keunikan tersendiri dibandingkan bangsa lain. Menurutnya, kebudayaan, ilmu pengetahuan, dan peradaban masyarakat Indonesia muncul dari pengalaman panjang seiring perkembangan zaman. Namun hal tersebut menjadi tantangan tersendiri bagi masyarakat Indonesia untuk melestarikan budaya tersebut agar tumbuh dalam interaksi budaya sekuler.

Contoh Hubungan Erat Antar Dua Etnis • Caknun.com

Oleh karena itu, karena sudah mengakar kuat dalam peradaban Indonesia, kata Presiden Jokowi saat menghadiri Kompleks KKI Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) 2018, Minggu (9/12).

Pada KTT KKI 2018, Nungki Kusumastuti dan I Made Band mewakili tim beranggotakan 17 orang menyerahkan naskah Rencana Kebudayaan Nasional Presiden. Draf teks tersebut bermula dari diskusi jangka panjang dan dokumen Kode Kebudayaan Daerah (PPKD) dari 300 desa/kelurahan dan 31 kecamatan.

Sesuai instruksi Presiden pada Agustus 2016, menurut Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Muhadjir Effendy, program kebudayaan nasional yang diolah ke dalam sistem antara lain adalah Trisakti. Prinsipnya tentu saja kepemimpinan di bidang politik, kemandirian di bidang ekonomi, dan kepribadian di bidang kebudayaan.

“Saya berharap kebijakan kebudayaan dapat memenuhi perannya sebagai dokumen yang menjadi pedoman pengembangan kebudayaan nasional 20 tahun ke depan,” kata Mendikbud.

Pdf) Nilai Nilai Budaya Dalam Cerita Rakyat Kalimantan Barat Burung Arue Dan Burung Talokot (cultural Values Of West Kalimantan Folklore Burung Aroe Dan Burung Talokot)

Ketua panitia penulisan adalah Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Direktur Pendidikan. Anggota redaksi ini adalah Arimbi Herepoetri, Daud Aris Tanudirdjo, Hajriyanto Y. Thohari, Herawati Sudoyo, Ichwan Azhari, Ignatii Haryanto, Faci Bandem, Imam Aziz, La Niampe, Melani Budianta, Neng Dara Affiah, Nungkiman Kusumastday I, Sulianyo Kusumastday I. dan Taufik Rahzen.

Baca Juga  Rangkaian Gerakan Senam Lantai Terdiri Atas

Dengan mengkaji kebijakan dan tujuan nasional, menelaah kesulitan-kesulitan yang menghambat upaya pemajuan kebudayaan di berbagai negara dan wilayah, serta memperhatikan kedudukan kebijakan kebudayaan dalam kebijakan nasional peredaran kebudayaan, maka diperolehlah visi pembangunan kebudayaan 20 tahun ke depan. dirumuskan; yaitu “Indonesia Berkah menurut keberagaman budaya yang mengajarkan, untuk berkarya dan mensejahterakan seluruh rakyat Indonesia”.

Visi Indonesia sukses akan tercapai tanpa kerja budaya bersama seluruh bangsa Indonesia. Pekerjaan ini sangat penting karena semua desainer dan orang-orang dari semua lapisan masyarakat terlibat dalam sektor budaya. Rencana Kebudayaan Nasional memuat tujuh tujuan strategis, antara lain:

Dalam proses itu, perumusan kebijakan kebudayaan nasional dilakukan sekitar 800 kali diskusi yang dihadiri lima ribu orang dalam kurun waktu 10 bulan. Sebuah rezim politik segera dibentuk dengan kebijakan budaya nasional ini.

Ketua Lasqi Ntb Ajak Masyarakat Lestarikan Seni Dan Budaya

“Ini adalah puncak dari perjalanan panjang.” Tapi ini adalah awal dari kebijakan publik. “Setelah ini, pemerintah punya rencana untuk melaksanakannya,” kata Direktur Pendidikan Hilmar Farid.

Dalam sambutannya di hadapan peserta Forum Kebudayaan, Presiden menyampaikan bahwa perkembangan teknologi transportasi dan informasi yang semakin kompleks dan pesat membuat pertukaran budaya semakin padat dan kompleks. “Tetapi yang paling penting, menurut saya, kesadaran budaya masyarakat kelas bawah untuk sukses tidak hilang-hilang,” ujarnya.

Terkait partisipasi pertukaran budaya yang dapat menimbulkan gesekan, Presiden juga meminta seluruh masyarakat untuk menjaga peradaban Indonesia, serta terbuka terhadap perdagangan. “Tetapi kita harus ingat bahwa peluang toleransi dan kerja sama selalu terbuka,” ujarnya.

Di tengah komunitas komersial yang semakin dilanda ujaran kebencian, fitnah, dan berita palsu, presiden menyerukan adanya ruang dialog, yang disebutnya sebagai “kamp toleransi bisnis.” Menurut Presiden, berbagai ketegangan ekonomi dan politik jika dilakukan tanpa toleransi akan meningkatkan ketimpangan.

Buku Metodologi Pemahaman Hadis Maizuddin

“Oleh karena itu, kita tidak cukup hanya menjamin terlaksananya adegan pidato.” “Yang kita perlukan adalah wadah untuk saling bertukar toleransi karena sekali lagi, hakikat budaya adalah kegembiraan,” kata Presiden Jokowi.

Sebelum menyampaikan sambutan, Presiden menyerahkan penghargaan kepada empat tokoh budayawan yakni Ismojono dan Hubert Sadirin yang tergabung dalam tim pemugaran Candi Borobudur. Kemudian penulis I Gusti Ngurah Putu Wijaya dan D. Zawawi Imron. Penghargaan tersebut diserahkan langsung oleh Presiden di panggung Kubah Bambu yang dirancang sebagai ikon KKI 2018.

Sesuai amanat konstitusi, negara berkewajiban memajukan kebudayaan nasional Indonesia kepada peradaban dunia dan menjamin kebebasan masyarakat untuk melestarikan dan meningkatkan nilai-nilai budayanya. Kini, upaya pemerintah untuk meningkatkan ketahanan budaya terhadap berbagai tantangan bangsa Indonesia, baik dari dalam maupun luar negeri, kini dan di masa depan, semakin jelas dan tepat sasaran. Dengan terbitnya Undang-Undang (UU) Nomor 5 Tahun 2017 tentang Pembangunan Kebudayaan, pemerintah mempunyai tugas menyusun kebijakan kebudayaan yang akan menjadi landasan pembangunan nasional.

Baca Juga  Fungsi Posisi Tubuh Streamline Adalah

Presiden Joko Widodo berpesan agar rencana kebudayaan Trisakti segera diumumkan. Memperhatikan bagaimana prinsip-prinsip kepemimpinan dalam politik, kemandirian dalam dunia usaha, dan individualitas dalam kebudayaan dapat menjadi ruh dalam pengelolaan kebudayaan nasional. Instrumen kebudayaan juga diharapkan mampu menghimpun kontribusi dari berbagai sumber yang melibatkan seluruh lapisan sektor kebudayaan.

Pdf) Menjaga Nilai Tradisi (sebuah Harapan Untuk Jawa Barat Memilih)

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Muhadjir Effendy mengatakan, arah pengembangan kebudayaan semakin jelas dan tepat sasaran setelah undang-undang pemajuan kebudayaan disahkan. Dengan upaya untuk melindungi, meningkatkan, menggunakan dan memelihara, langkah-langkah yang tepat untuk mempromosikan budaya menjadi semakin nyata. Pengembangan kebudayaan nasional juga harus melibatkan generasi muda sebagai penerus bangsa. Oleh karena itu, pendidikan menjadi sangat strategis dalam upaya membentuk kepribadian dan kebudayaan suatu bangsa.

“Pendidikan merupakan ujung tombak kebudayaan nasional, karena pendidikan sejatinya merupakan upaya membentuk tingkah laku yang sesuai dengan cita-cita keberadaan bangsa Indonesia. Dengan sarana pendidikan dapat memajukan kebudayaan nasional secara luas dan merata di seluruh pelosok negeri. bangsa,” kata Mendikbud.

Pertemuan kebudayaan pertama yang dilaksanakan pada tahun 1918 di Surakarta menjadi forum strategis terbesar bagi para pemangku kepentingan di bidang kebudayaan. Direktur Jenderal (Dirjen) Kebudayaan Hilmar Farid dalam Kongres Kebudayaan Indonesia (KKI) 2018 mengatakan, pemerintah bersama berbagai pengurus telah membentuk kebudayaan yang akan menjadi landasan pembangunan nasional. Yang berbeda pada KKI tahun ini adalah ditetapkannya Kebijakan Kebudayaan Nasional oleh Presiden Indonesia.

Mengangkat tema “Kepribadian dalam Kebudayaan”, Kongres Kebudayaan Indonesia (KKI) 2018 dilaksanakan pada tanggal 5 – 9 Desember 2018 di Kantor Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud), di Kawasan Senayan, Batavia. “Selain sebagai wadah aksi, KKÍ diharapkan menjadi wadah pembelajaran dan ruang kosong jaringan masyarakat untuk berkomunikasi dan memperluas jaringan,” ujar Direktur Pendidikan.

Indonesiana Vol.12 Kilau Budaya Indonesia By Indonesiana Majalah

13. Undang-undang tentang pemajuan kebudayaan mengatur perumusan dan penetapan kebijakan kebudayaan nasional. Penyiapan budaya militer dimulai dari dalam (akar rumput) yaitu di daerah/kota, kabupaten, pusat/nasional. Sebanyak 33 pertemuan pendahuluan digelar untuk menjaring ide dan masukan dari berbagai kalangan, salah satunya generasi muda.

Perangkat kebudayaan yang bekerja sama dengan gabungan para pemimpin kebudayaan daerah (PPKD) dari berbagai daerah di tanah air ini akan menjadi dasar penyusunan Rencana Induk Pemajuan Kebudayaan (RIPK) yang akan menjadi acuan dalam penyusunan urusan kebudayaan. Pendek, sedang. dan Rencana Pembangunan Jangka Panjang.

Baca Juga  Kumpulan Cerpen Yang Dijadikan Naskah Drama

Proses penyusunan kebijakan budaya tersebut dimulai pada bulan Maret 2018 dengan mengadakan workshop persiapan PPKD di 20 wilayah kerja. Kemudian dilanjutkan dengan penyiapan PPKD di tingkat kabupaten/kota, hingga penyiapan PPKD di tingkat kabupaten. Hingga akhir November 2018, terdapat 300 PPKD desa/kota dari total 514 desa/kota; dan 28 PPKD kabupaten dari total 34 kabupaten. Proses ini mencakup lebih dari 1.500 pesanan dari seluruh Indonesia.

Saat ini, seluruh masukan PPKD dari provinsi/kota dan provinsi, serta dari berbagai bidang kebudayaan, asosiasi profesi, dan akademisi dikumpulkan oleh tim perumus. Tim ini beranggotakan 17 orang dipimpin oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Muhadjir Effendy dan Direktur Kebudayaan Hilmars Farid sebagai Sekretaris.

Ikuti Keseruan Pesona Budaya Betulaq Ngayu Ayu Di Desa Banjarsari, Labuhan Haji, Lombok Timur

“Arah kebudayaan bukanlah hasil para ahli atau orang-orang terpelajar, melainkan hasil kecerdasan kolektif. “Kali ini kita tidak memulai dengan mengirimkan makalah, namun dengan mengumpulkan opini, pandangan, informasi, permasalahan dan solusi yang diajukan dalam suatu kebijakan budaya yang solid,” jelas CEO Hilmar Farid.

Besarnya animo masyarakat khususnya generasi muda terhadap kebangkitan KKI terlihat dari banyaknya relawan yang mendaftar. Ribuan anak muda dari berbagai tempat sudah mendaftar, namun yang hilang hanya 100 orang. Selain memaparkan kebijakan budaya Presiden, turnamen 100 tahun ini akan diisi berbagai kegiatan menarik untuk berbagai kalangan. Yaitu 4 forum budaya, 12 debat publik, 13 workshop dan kuliah umum promosi budaya, pameran seni rupa, pasar masakan khas Indonesia, 18 konser band, 8 pameran seni tradisional, pemutaran film, debat dan pidato budaya inspiratif; serta pertunjukan budaya.

“Kami juga telah membuka pendaftaran sebagai peserta KKI secara online dan kini sudah ada sekitar 2.300 peserta yang mendaftar untuk mengikuti berbagai proyek di lingkungan KKI,” kata Direktur Eksekutif Dinas Pendidikan Sri Hartini.

Pada Minggu pagi (9/12) KKÍ akan menggelar prosesi budaya bernama drama massal di jalanan. Dalam parade koreografer ini, 30.000 penari akan mewakili 34 provinsi. Ribuan pencak silat Tapak Suci juga akan meramaikan parade budaya yang digelar bersamaan dengan Hari Bebas Kendaraan Bermotor (HBKB) Batavia.

Akademisi Ingatkan Pentingnya Pendekatan Budaya Pada Industri Kosmetik

Selain itu, yang menarik dalam KKI 2018 adalah scaffolding bambu yang didesain sebagai panggung utama. Untuk instalasi karya yang unik, panggung bambu karya arsitek Novi Kristinawati Sutono berukuran diameter 20 meter, tinggi 10 meter dan menggunakan sekitar 1.400 panel bambu. Proses penyiapan Orang Baru singkat dan sibuk selama sekitar dua minggu.

Semua kegiatan di KKÍ terbuka untuk umum dan gratis. Masyarakat dapat mengakses informasi mengenai program dan konten Kongres Kebudayaan Indonesia 2018 melalui laman kongres.kekulturan.id. (*)

Batavia (Kemenag) – Di lingkungan domestik Musabaqah Tilawatil Quran (MTQN) kembali digelar. Tahun ini Sumut menjadi tuan rumah acara tersebut

Pengaruh globalisasi terhadap kebudayaan, apresiasi terhadap kemanusiaan dan kebudayaan, hak kita terhadap lingkungan, pengaruh globalisasi terhadap kebudayaan indonesia, pengaruh teknologi terhadap kebudayaan, kewajiban kita terhadap alquran adalah, pengaruh kebudayaan terhadap masyarakat, pengaruh agama terhadap kebudayaan, dampak globalisasi terhadap kebudayaan indonesia, sikap kristen terhadap kebudayaan yang tepat adalah, jelaskan pengaruh kebudayaan terhadap kepribadian, sungguh alangkah baiknya