Tuliskan Tujuan Teks Deskripsi – Yuk pelajari pengertian, ciri-ciri, struktur, jenis-jenis dan contoh teks deskriptif pada artikel bahasa indonesia kelas 7 berikut ini! –

Sobat pasti sering-sering membaca artikel yang berbeda-beda kan? Pada dasarnya menulis terbagi menjadi dua bagian utama, yaitu fiksi dan nonfiksi. Tapi, membaca fiksi merupakan kegiatan yang menyenangkan bukan? Tapi bagaimana dengan teks non-fiksi?

Tuliskan Tujuan Teks Deskripsi

Teks nonfiksi terbagi menjadi beberapa jenis tulisan, salah satunya adalah teks deskriptif. Wah, apa itu teks deskriptif? Tenang guys, pada artikel kali ini saya akan membahas secara lengkap mengenai pengertian, tujuan, ciri-ciri, struktur dan contoh teks. Bagi yang berminat, simak penjelasannya di bawah ini ya!

Teks Editorial: Pengertian, Fungsi, Ciri, Struktur & Contoh

Berdasarkan KBBI ada lagi kata deskripsi kata, yaitu kata deskriptif yang artinya menjelaskan secara jelas dan rinci dengan kata-kata. Jadi teks deskriptif berarti uraian yang jelas tentang sesuatu.

Bisa benda atau makhluk ya. Tentu saja, jika kita ingin menjelaskan sesuatu dengan jelas, kita memerlukan rincian apa yang ingin kita jelaskan dalam teks.

Menurut Utorodevo (2007), tujuan teks deskriptif adalah untuk menggambarkan bentuk, sifat, rasa atau gaya dari objek pengamatan berdasarkan panca indera dalam proses penguraian.

Ciri-ciri teks ekspositori berbeda-beda menurut 3 hal yaitu tujuan, objek yang dideskripsikan dan isi teks. Di bawah ini penjelasan lengkapnya:

Tujuan Teks Deskripsi Di Bawah Adalah Mendeskripsikan ​

Karena teks deskriptif dimaksudkan untuk mendeskripsikan atau menjelaskan sesuatu sedetail dan sespesifik mungkin dari segi objek, suasana, dan perasaan, maka teks ini hendaknya dibuat agar pembaca dapat melihat, mendengar, dan merasakan apa yang sedang dijelaskan.

Seperti teks lainnya, teks ini mempunyai struktur tertulis. Teks ekspositori terdiri dari judul, kalimat topik, deskripsi, dan kesimpulan. Mari kita bahas satu per satu ya?

Mulailah dengan judul yang dimaksudkan untuk mendeskripsikan isi teks. Misalnya seperti teks header di atas. Karena judul teksnya adalah “Sekolahku”, maka otomatis isi teks tersebut menggambarkan lingkungan di sekolah penulis.

Baca Juga  Rumus Volume Lingkaran

Kemudian terdapat kalimat subjek yang mengandung predikat tentang subjek yang dideskripsikan. Pada contoh teks di atas, kalimat topiknya ada pada kalimat pertama, yaitu “Sekolahku terlihat bersih”. Artinya penulis ingin mengesankan kita dan siswa lain agar sekolah terlihat bersih.

Menguraikan Teks Deskripsi

Selanjutnya penjelasannya. Bedanya dengan kalimat topik, uraian ini berisi beberapa kalimat yang menjelaskan lebih lanjut tentang apa yang ingin dijelaskan. Bisa berupa penampilan, bau, rasa, suasana, dll. Contoh penjelasan pada teks di atas ada pada kalimat dua sampai enam ya.

Struktur teks deskriptif akhir, kesimpulan, merupakan bagian terakhir dari teks. Biasanya berisi pendapat penulis atau pendapat tentang subjek yang digambarkan. Kesimpulan dari teks di atas adalah karena lingkungan sekolah bersih maka penulis dan teman-temannya dapat lebih giat belajar.

Jadi kawan, kita perlu memperhatikan beberapa kaidah kebahasaan saat menulis teks deskriptif. Ada 4 kaidah bahasa pada teks deskriptif, diantaranya sebagai berikut!

Jadi, jika Anda ingin menulis teks deskriptif, hal pertama yang harus Anda lakukan adalah memasukkan apa yang Anda amati, bukan? Misalnya, Anda ingin mendeskripsikan sebuah gunung. Anda bisa memulainya dengan “Gunung di kejauhan berwarna hijau”.

Lembar Kerja Mengidentifikasi Tujuan Pengarang Untuk Kelas 7 Di Quizizz

Hijau adalah apa yang bisa Anda lihat dengan mata Anda. Kemudian Anda dapat menjelaskan, misalnya, bahwa di pegunungan itu dingin. Ini menggambarkan apa yang dapat Anda alami melalui panca indera Anda, indera perasa. Mudah, bukan?

Sekolahku terlihat bersih. Halamannya ditumbuhi rumput hijau luas dan iklimnya sejuk. Selain itu, terdapat pohon beringin yang sangat lebat di halaman. Kelas sekolahku sangat besar. Keramik digunakan di semua ruangan. Dinding kelas berwarna kuning. Warna cat pintu dan jendela adalah hijau. Ini foto sekolahku. Sekolahku yang bersih membuat aku dan teman-teman semakin tertarik untuk belajar.

Dengan membaca silabus, Anda sudah bisa membayangkan dengan jelas seperti apa ruangan sekolah dan kondisi sekolahnya bukan? Jenis tulisan ini juga biasa digunakan untuk penulisan makalah akademis. Jadi jangan lupa! Saat membuat teks deskripsi, tulislah teks ini secara kronologis atau berurutan ya! Ini tentang membuat teks lebih terstruktur sehingga orang lain yang membaca tulisan Anda tidak bingung.

Merupakan penjelasan materi teks eksplanasi secara lengkap mulai dari pengertian, struktur, jenis hingga contohnya. Nah sekarang saya harap kamu sudah paham apa itu teks deskriptif ya? Mulailah bersiap untuk menjadikan teks ini sebagai kebiasaan, oke? Ya, materi bahasa Indonesia kelas 7 lainnya juga bisa kamu pelajari di kelas. Terdapat video animasi, soal latihan, dan rangkuman untuk membantu Anda memahami dengan jelas.

Baca Juga  Alat Yang Bekerja Dengan Menerapkan Prinsip Tekanan Gas Adalah

Jelaskan Tujuan Penulis Dalam Tulisan Di Atas.2. Apakah Penulisan Kritik Di Atas Menggambarkan Fakta

Penulisan konten dan kinerja konten. Saya harap Anda menikmati tulisan saya dan mempelajari satu atau dua hal! :DMau tahu contoh teks eksplanasi dalam kehidupan sehari-hari? Artikel bahasa Indonesia kelas 7 ini bisa kamu manfaatkan untuk membuatnya lho! Ayo lihat!

Keindahan Pantai Kuta Bali. Pantai ini memiliki pasir putih dan air laut yang jernih. Pohon kelapa yang tinggi di sepanjang pantai menimbulkan kesan tropis. Padahal, lukisan alam sangat menarik.

Nah guys, teks di atas merupakan contoh teks deskriptif ya. Karena deskripsi menggambarkan suatu objek secara detail, maka kita yang membacanya juga dapat menebak apa yang ingin dijelaskan oleh penulisnya.

Teks ekspositori banyak digunakan di kelas bahasa Indonesia untuk membuat cerita dari cerpen, dongeng, novel atau tafsir. Oleh karena itu, penting bagi Anda untuk memahami apa itu teks deskriptif.

Contoh Kata Pengantar Yang Benar Beserta Strukturnya

Nah, jika Anda ingin membaca topik teks ekspositori secara keseluruhan terlebih dahulu, Anda bisa mengunjungi Pengertian Teks Ekspositori, Ciri-ciri, Struktur, Jenis dan Bahasa. Pada artikel kali ini saya akan memberikan rekomendasi contoh teks eksplanasi pendek dalam kehidupan sehari-hari. Mari kita lihat!

Sebelum kita melihat beberapa contoh teks figuratif, mari kita ingat kembali maknanya terlebih dahulu. Teks deskriptif adalah suatu tulisan yang menggambarkan suatu objek berdasarkan pengamatan, perasaan, dan pengalaman penulis.

Teks ini biasanya terdiri dari kalimat-kalimat yang menggambarkan suatu benda (suatu benda atau makhluk) yang memberikan kesan kepada pembacanya ketika melihat, mendengar, dan merasakan benda tersebut. Oleh karena itu, penulis hendaknya menggunakan diksi dan bahasa yang baik untuk mendeskripsikan sesuatu secara detail.

Selanjutnya jika teks deskriptif yang kita buat sudah bagus, kita perlu memahami struktur teks deskriptif tersebut. Teks deskripsi memiliki 4 struktur yaitu judul, deskripsi umum, deskripsi bagian, dan kesimpulan. Berikut penjelasan lengkapnya ya:

Pengertian Teks Laporan Hasil Observasi, Tujuan, Struktur & Cara Menyusunnya

Judul adalah sesuatu yang menggambarkan isi suatu teks. Misalnya judul teks deskripsi adalah “Keindahan Pantai Kuta”, berarti isinya juga menggambarkan Pantai Kuta secara detail.

Identifikasi atau gambaran umum meliputi nama benda yang digambarkan, lokasinya, sejarahnya, atau pernyataan umum lainnya tentang benda tersebut.

Misalnya saja jika Anda ingin menulis teks deskriptif tentang Pantai Kuta, Anda bisa menjelaskan terlebih dahulu letak pantai tersebut, mengapa disebut Pantai Kuta, sejarahnya, dan lain-lain pada bagian gambaran umum.

Sedangkan uraian bagian memuat uraian yang lebih rinci tentang obyek berdasarkan apa yang dilihat, didengar, atau dirasakan penulis.

Baca Juga  Jelaskan 3 Peranan Ilmu Kimia Di Kehidupan Sehari-hari

Teks Eksposisi Dalam Bahasa Inggris

Masih sama kenyamanannya ya. Pada bagian ini Anda bisa mulai mendeskripsikan warna pantai, warna laut, suara ombak, cuaca, angin atau suasana lainnya di Pantai Kuta.

Nah, setelah kamu mengetahui pengertian, ciri-ciri, dan struktur teks ekspositori, yuk simak beberapa contoh teks ekspositori di bawah ini yang bisa kamu jadikan referensi!

Salah satu tempat wisata andalan Yogyakarta adalah Pantai Parangtrit. Lebih spesifiknya Pantai Parangtrit terletak di Kecamatan Kretek, Bantul, daerah Istimewa Yogyakarta. Pantai ini berjarak 27 km sebelah selatan Yogyakarta.

Pemandangan pantai Parangtrit sangat menawan. Di sebelah kiri kita melihat bukit yang sangat tinggi, di sebelah kanan ada batu besar yang siap melindungi kita dari ombak. Pantai yang bersih dengan buih putih bercampur warna abu-abu dan hijau sungguh indah.

Pengertian, Ciri, Tujuan, Dan Contoh Teks Deskripsi

Keindahan pantainya menjadikan pengalaman sore yang sempurna. Di sore hari kita bisa melihat matahari terbenam yang merupakan waktu yang sangat indah. Gambar alam yang sungguh menakjubkan. Warna langit yang merah keemasan dengan gemerlap air laut yang diterpa sinar matahari siang sungguh merupakan pemandangan yang spektakuler. Rasa hangat berpadu dengan semilir angin udara sore menyelimuti seluruh tubuh.

Banyaknya wisatawan yang selalu berkunjung ke Pantai Parangtrit membuat pantai ini tidak pernah sepi pengunjung. Di pantai ini kita bisa melihat sekelompok anak-anak bermain pasir. Baik tua maupun muda sama-sama menikmati segarnya udara laut. Kita juga bisa menaiki kendaraan jenis kuda atau kereta yang membawa kita menuju kawasan terumbu karang yang indah.

A. Judul: Dari judulnya saja kita sudah tahu bahwa teks tersebut berbicara tentang keindahan Pantai Parangtrit.

B. Identifikasi/Deskripsi Umum: Paragraf pertama teks menjelaskan gambaran umum Pantai Parangtrit, mulai dari Pantai Parangtrit hingga detail lokasi pantai ini.

Tujuan Teks Deskripsi Di Atas Adalah Mendeskripsikan…​

C. Deskripsi Bagian: Penjelasan rinci tentang Pantai Parangtrit diberikan oleh penulis pada Bagian 2 dan 3. Penulis menuliskan deskripsi sesuai dengan visinya seperti terlihat pada kalimat “pantai bersih berbusa putih”, “bukit yang sangat tinggi”, “A”. Warna merah keemasan di langit” dan lain-lain.

D. Kesimpulan/Pendapat : Kesimpulan dan pendapat dari teks diatas adalah penulis sangat mengapresiasi keindahan pantai Parangtrit dan banyak aktivitas yang bisa dinikmati wisatawan di pantai ini.

Indonesia merupakan negara dengan sumber daya alam yang tak terhitung jumlahnya dari Sabang hingga Merauke. Faktanya, keindahan alamnya tidak bisa dibandingkan dengan keindahan alam manapun di dunia. Keindahan alam Indonesia yang mempesona membuat banyak wisatawan mancanegara ingin berkunjung meski jauh. Dari keindahan darat hingga lautnya sangat indah dan layak untuk dikunjungi.

Indonesia mempunyai flora dan fauna yang sangat unik. Padahal, alam Indonesia sudah terkenal di dunia. Apalagi keindahan pantainya membentang dari timur hingga barat. Banyak pulau yang juga menjadi penopang kekayaan laut Indonesia

Jelaskan Struktur Teks Deskripsi Tersebut Berserta Alasan Dan Bukti Tekstualnya! 2.tuliskan 3 Kalimat

Teks deskripsi, tuliskan tujuan, tuliskan tujuan negara indonesia, tuliskan tujuan asean, tuliskan tujuan kebijakan fiskal, tuliskan tujuan negara, tujuan teks deskripsi, tuliskan teks, tuliskan tujuan sepak bola, tuliskan tujuan pembangunan berkelanjutan, tuliskan tujuan dan manfaat membaca teks editorial, tuliskan tujuan iklan