Ya Ayyuhannasu Inna Khalaqnakum – JABODETABEK BANTEN JAWA BARAT JAWA TENGAH & DIY JAWA TIMUR KALIMANTAN SULAVESI SUMATRA BALI NUSA TENGGARA BERITA DAERAH MALUKU PAPUA

Da ayyuhannasu inna khalaqnakum min zakarin wa unsa waja alnakum syu ubawwaqaba ila lita arafu, inna akramakum indallahi atqokum, innallaha alimun khabir

Ya Ayyuhannasu Inna Khalaqnakum

“Hai manusia, sesungguhnya Kami telah menciptakan kamu dari laki-laki dan perempuan dan menjadikan kamu dari bangsa dan suku untuk saling mengenal. Sesungguhnya orang yang paling mulia di antara kamu di hadapan Allah adalah orang yang paling bertakwa di antara kamu. Sesungguhnya Allah Maha Mengetahui lagi Maha Mengetahui.”

Al Baqarah Ayat 21

Perbedaan dalam ayat ini berupa perbedaan dan keragaman karena kita hidup di negara ini dengan suku dan bangsa yang berbeda dimana kita semua bersatu untuk membangun kemanusiaan, kebaikan dan persatuan dalam kebaikan.

Kemudian kita menyadari bahwa keberadaan manusia kita mirip dengan Bhinneka Tunggal Ik, bahkan dalam Islam keragaman ini sangat umum tetapi tetap mendukung persatuan.

Film dengan 4 Pemeran Baru di Squid Game season 2, Berikut Rangkuman dan Jadwal Tayang Minggu, 18 Juni 2023 | 10:25 WIB

Badminton Berikut Link Live Streaming Final Indonesia Open 2023 Mulai Pukul 12:00 WIB Minggu 18 Juni 2023 | 10:10 WIB

Baca Juga  Sebutkan Beberapa Pihak Yang Menentang Sistem Tanam Paksa

Hukum Bacaan Pada Lafal Yang Digaris Bawahi Adalah

VOD Erick Thohir mengakui kesedihan itu. Lionel Messi tidak hadir ke Indonesia pada Minggu 18 Juni 2023 | 10:06 WIB

Waspada Jabodetabek, Jakarta Kualitas Udara Terburuk Kedua di Dunia Minggu Pagi Minggu, 18 Juni 2023 | 09:40 WIB

VOD Momen AHY dan Puan Maharani Bertemu di GBK Tersenyum dan Mengacungi jempol Minggu 18 Juni 2023 | 09:39 WIB

Sidang Politik Puan-AHY, Banyak Pimpinan PDI Perjuangan dan Partai Demokrat Bertemu di GBK Minggu 18 Juni 2023 | 09:30 WIB

Tak Sekedar Saling Mengenal, Menag: Lita’arafu, Bermakna Saling Menghormati Dan Memuliakan

VOD Kementerian Pertanian, Keamanan Pangan, dan Peternakan melakukan vaksinasi darurat rabies di Bangla Bali! Minggu, 18 Juni 2023 | 09:30 WIB

VOD Digigit Hewan Gila, Seorang Anak Meninggal di Buleleng Bali Minggu 18 Juni 2023 | 09:27 WIB

VOD Kasus Lempar Anjing ke Rawa Penuh Buaya, 3 Orang Jadi Tersangka! Minggu, 18 Juni 2023 | 09:20 WIB Dikutip dari buku Politik Inklusif Muhammadiyah karya Al-Hamdi, dkk (2019: 243), Surat Al-Hujurat merupakan surat ke-49 dalam Al-Qur’an yang terdiri dari 18 ayat yang rumit. Secara umum, Surah Al-Hujurat membahas konflik dan kedamaian secara berdampingan. Surat Al-Hujurat ayat 13 merupakan salah satu ayat yang akan kita bahas lebih detail pada artikel ini.

Ayat ini seringkali menjadi hal yang mengkhawatirkan karena pokok bahasan yang disebutkan bukan hanya untuk orang beriman tetapi untuk seluruh umat manusia. Ayat 13 Surat Al-Hujurat merupakan salah satu ayat yang menjelaskan prinsip-prinsip dasar hubungan manusia. Ayat ini juga membahas tentang nilai kemanusiaan di mata Allah SWT yang menegaskannya melalui asal usul penciptaan manusia.

Baca Juga  Bulat Luarnya Kuning Dalemnya Putih Enak Dimakan

Kantor Kemenag Bantaeng: Video Sambutan Ka Kanwil Kemenag Sulsel Pada Ramah Tamah Hab 71 Kemenag Bantaeng Dirangkaikan Peringatan Maulid Nabi

Niat yang disampaikan dalam surat Al-Hujurat ayat 13 ini adalah agar manusia saling mengenal. Ini membuat semua orang mendapat manfaat dari satu sama lain.

Ya Allah, وَّقَبَاۤىِٕلَ لِتَعَارَفُوْا ۚ انَّ اَكْرَمَكُمْ الِنُمْ عِنُمْ الِنْدككِْْْْا ُمْنَ ّ الّٰهَ عَل ِيْمٌ خَبِيْرٌ

Ya ayyuhan-nāsu inna khalaqnakum min żakariw wa unṡa wa ja’alnākum syu’uḥaw wa qabā`ila lita’ārafû, inna akramakum ‘indallāhi atqākum, innallaha ‘alīmun khabīr.

Artinya: “Hai manusia, sesungguhnya Kami telah menciptakan kamu dari laki-laki dan perempuan dan menjadikan kamu dari bangsa dan suku untuk mengenal kamu. Sesungguhnya orang yang paling mulia di antara kamu di sisi Allah adalah orang yang paling bertaqwa di antara kamu. Maha Mengetahui, Maha Mengetahui.”

Yaayyuhannasu Inna Holaknakunm Min

Dalam Surat Al-Hujurat Ayat 13 dijelaskan bahwa Allah SWT menyeru seluruh umat manusia menjadi satu keturunan. Mereka berasal dari nenek moyang yang sama, yaitu Adam dan Hawa. Milik satu garis keturunan membuat semua orang sama dan tidak ada perbedaan kasta dalam hidup.

Melalui keturunan yang sama, Allah SWT mengubah manusia menjadi suku-suku, sehingga jumlah manusia bertambah pesat. Hal ini membuat keragaman dalam hidup tak terelakkan dan mendorong kita untuk saling mengenal dan saling menguntungkan.

Surat Al-Hujurat Ayat 13 menjelaskan bahwa yang membedakan manusia dengan Allah SWT adalah takwanya. Semakin taqwa seseorang, semakin dimuliakan oleh Allah SWT.

Inilah bacaan surat Al-Hujurat ayat 13 dalam bahasa arab, latin dan terjemahannya. Semoga kita semua termasuk dalam kelompok muslim yang saleh. Wallahu’alam bishawab. (DHA)

Baca Juga  Keramik Tradisional Banyak Dibuat Dengan Menggunakan Bahan Alam Kecuali

Kata Yang Tepat Untuk Melengkapi Ayat Di Atas Adalahno 4 Tolong Kasih Tau Jawabannya Yah

Inna quwwatih quwwatah kunfayakun ya ghoib ya batin