Atletik Berasal Dari Kata Yunani Yaitu – Atletik adalah olahraga yang berupa aktivitas fisik (tubuh) yang dinamis dan terorganisir, meliputi lari, lompat, jalan, dan lempar.

Atletik merupakan salah satu unsur pendidikan jasmani dan kesehatan, sebagai komponen pendidikan yang mengutamakan aktivitas jasmani, serta pengembangan pola hidup sehat dan pembinaan jasmani.

Atletik Berasal Dari Kata Yunani Yaitu

Atletik merupakan cabang olah raga yang dipertandingkan pada olimpiade pertama pada tahun 776 SM. Sejarah atletik dunia dimulai pada tahun 400 SM, ketika bangsa Irlandia melakukan gerakan-gerakan olahraga yang mirip dengan atletik masa kini. Penyair Yunani Humeros mengatakan dalam bukunya bahwa kegiatan olahraga dilakukan pada tahun 1100 SM. Ditandai dengan kegiatan seperti balap kereta kuda, adu jotos dan gulat, yang diawali dengan lomba lari dan diakhiri dengan lomba lempar lembing. Sebuah olahraga bernama Olimpiade Kuno diadakan di Yunani pada tahun 776 SM. Pada Olimpiade kuno, lari, pentathlon, pankration, gulat, tinju, dan pacuan kuda dipertandingkan. Siapa pun yang memenangkan pentathlon (lari cepat, lompat jauh, cakram, lembing, dan gulat) di Olimpiade akan dinobatkan sebagai juara Olimpiade. Pada masa itu dikenal tiga jenis perlombaan lari: Stade yaitu lari cepat di lapangan datar dengan jarak ± 185 meter dan dimainkan di dalam stadion, Diaulos yaitu lari jarak menengah, lari jarak jauh. ± 2 kali jarak Stade, dan Dolichos yang lari jarak jauh dengan jarak ± 7 sampai 24 kali jarak Stade.

Pengertian Atletik Adalah Olahraga Kekuatan, Ketangkasan, Dan Kecepatan

Atletik pertama kali dipopulerkan oleh bangsa Yunani pada abad ke 6 SM. Iccus dan Herodicus adalah orang-orang yang membantu mempopulerkannya. Atletik biasanya dibagi menjadi berjalan, berlari, melompat dan melempar. Atletik sendiri dikatakan sebagai induk dari segala cabang olahraga karena atletik mencakup berbagai unsur gerak sehari-hari. Pada zaman dahulu, mencari nafkah dan mempertahankan kehidupan sangatlah penting. Oleh karena itu, mereka hidup dengan berburu binatang liar yang membutuhkan keterampilan, kecepatan dan kekuatan. Pada saat itu, masyarakat primitif memandang kehidupan sedemikian rupa sehingga siapapun yang kuat adalah berkuasa, sehingga mereka harus berlatih fisik untuk itu.

Dalam kompetisi ini diperkenalkan blok awal yang terbuat dari parit atau dinding, yang kemudian dipasang secara permanen.

Baca Juga  Pemerintah Membentuk Lembaga Komnas Ham Alasannya Yaitu

Bangsa Romawi menyukai “gladiator” pada tahun 186 SM. Pada saat itu, kegiatan olah raga yang paling populer adalah yang mengadakan “kontes kejantanan”. Olah raga tersebut meliputi adu pedang dan duel yang dapat berujung pada kematian.

Atletik di Yunani kuno disebut sebagai ibu dari semua olahraga seperti berjalan, berlari, melompat, dan melempar. Gerak atau kegiatan gerak dalam olahraga merupakan cerminan kehidupan manusia pada zaman dahulu. Saat itu, mereka melakukan aktivitas berjalan, berlari, melompat, dan melempar dalam upaya mencari makan, mempertahankan diri, dan meningkatkan taraf hidup. Misalnya saja melindungi diri dari gangguan lingkungan alam, seperti binatang buas. Pembentukan bangsa pada tahun 390 SM menitikberatkan pada peningkatan kekuatan jasmani, terutama pertumbuhan menuju bentuk tubuh yang bugar dan sehat melalui perpaduan kegiatan senam, tata bahasa, dan musik.

Mengenal Atletik: Asal Usul Dan Cabang Cabang Olahraganya

Gerakan atletik pada Olimpiade modern berasal dari masyarakat Eropa pada abad ke-19. Pada abad tersebut, masyarakat di sana mulai membentuk perkumpulan atletik, yang kemudian menyelenggarakan kompetisi antar asosiasi dan antar universitas. Pada tahun 1817, Kapten Mason, yang berkebangsaan Inggris, mendirikan asosiasi atletik yang disebut Nepton Guild. Pada tahun 1834, peserta perlombaan atletik harus melebihi batas yang ditentukan panitia penyelenggara. Misalnya, batas waktu lari 440 yard (400 m) yang ditetapkan panitia adalah 60 detik. Sedangkan lari 1 mil (1500 m) dibatasi 5 menit. Pada tahun 1850, kompetisi olahraga pertama diadakan di tingkat pelajar. Kemudian pada tahun 1855 diadakan kompetisi atletik antar negara di Cambridge, khususnya antara Inggris dan Perancis. Sedangkan di Amerika, pada tahun 1860 diadakan persatuan olahraga atletik pertama di kota San Francisco yang kemudian disebut Klub Olimpiade. Kejuaraan olahraga atletik pertama diselenggarakan oleh New York Athletic Club pada tahun 1868.

Sejarah di Indonesia[sunting | ubah basis ] Pada masa kolonial [ ubah | edit sumber]

Atletik di Indonesia diperluas oleh Belanda pada tahun 1930. Penyebaran atletik masih terbatas pada daerah atau kota besar seperti Jakarta, Surabaya dan Bandung. Artinya, ketika olahraga atletik mulai marak, masyarakat di daerah atau desa lain belum banyak mengetahui tentangnya. Hal ini terjadi karena Belanda mengenalkan olahraga atletik hanya kepada anak sekolah dan tentara. Tujuan pembagian kepada anak sekolah dan militer adalah untuk pengembangan kebugaran jasmani. Hanya untuk tujuan pendidikan dan bukan untuk peningkatan dan pengembangan prestasi olahraga di Indonesia. NIAU (Nederlands Indische Athletiek Unie) didirikan pada tanggal 21 Juli 1917 dan merupakan organisasi atletik pertama di Indonesia. Kompetisi atletik di Indonesia diadakan setiap tahunnya. Beberapa atlet yang terkenal saat itu adalah Noerbambang di nomor 100m (10,8 detik), Soetantio Singgih di lompat tinggi (1,80m), dan Harun Al Rasy di lompat jauh (7,03m).

Baca Juga  Proses Desain Kover Buku Dilakukan Oleh

Atlet-atlet di Indonesia semakin berkembang dan berkembang setelah proklamasi kemerdekaan Bangsa Indonesia pada tanggal 17 Agustus 1945. Walaupun situasi dan kondisi pada saat itu masih labil dan masih kurang kondusif, namun semangat bangsa Indonesia untuk mewujudkan cita-citanya dalam kegiatan olahraga , khususnya atlet, tidak menyusut. Hal ini ditunjukkan dengan antusiasme para siswa dan siswa yang selalu berlatih. Pada bulan Januari 1946 diadakan kongres di Solo untuk membangkitkan kembali olahraga di Indonesia. Hasil kongres ini berujung pada terbentuknya PORI (Persatuan Olahraga Republik Indonesia) yang akan mewadahi seluruh kegiatan olahraga di Indonesia. PORI segera mengambil langkah cepat untuk membangkitkan semangat olahraga di Indonesia dengan menyelenggarakan PON I tahun 1948 di Solo.

Macam Macam Cabang Olahraga Atletik, Lengkap Beserta Penjelasannya

Lintasan atletik[sunting] sunting sumber ] Lintasan internal [ sunting | edit sumber]

Ada dua musim dalam atletik. Ada musim dalam ruangan, selama musim dingin, dan musim luar ruangan, yang berlangsung selama musim semi dan musim panas. Kebanyakan trek dalam ruangan memiliki panjang 200m dan terdiri dari empat atau enam jalur. Jalur bagian dalam sering kali memiliki tikungan membelok untuk mengimbangi tikungan yang sempit. Di lintasan dalam ruangan, para atlet berkompetisi dengan cara yang sama seperti lintasan luar ruangan kecuali untuk lari gawang 100m dan 110/100m (diganti dengan lari gawang 60m dan 60m di sebagian besar level dan terkadang lari gawang 55m dan 55m di tingkat sekolah menengah) dan 10.000 m. lari, jalan kaki 300 m, dan rintangan 400 m. Di dalam ruangan juga mendapat tambahan lari 3.000m biasanya di tingkat perguruan tinggi dan elit dibandingkan dengan menggunakan 10.000m. Maraton 5000m adalah perlombaan lari jarak jauh yang paling umum, meskipun ada beberapa contoh di mana jarak yang lebih jauh juga dipertandingkan. Pada pertengahan abad ke-20, serangkaian perlombaan duel diadakan di Madison Square Garden (New York) di mana dua pria berlari maraton (26,2 mil). Namun, hal ini sangat jarang terjadi. Dalam beberapa kasus, ada juga perlombaan 500m versus 400m, yang biasanya diadakan di acara outdoor, dan keduanya dipertandingkan di kejuaraan dalam ruangan.

Pada perlombaan lapangan, hanya lompat tinggi, lompat galah, lompat jauh, lompat rangkap tiga, dan menembak yang dilakukan pada perlombaan dalam ruangan. Lembing, tolak peluru, dan tolak peluru ditambahkan hanya untuk acara di luar ruangan, di mana biasanya tidak ada cukup ruang di stadion dalam ruangan untuk kompetisi ini. Peristiwa unik dalam kompetisi dalam ruangan (khususnya di Amerika Utara) adalah lemparan beban seberat 300, 600, 1000, dan 35 pon. Di negara lain khususnya di Norwegia, lompat jauh dan berdiri juga dipertandingkan, bahkan pada kejuaraan all-around nasional terdapat pentathlon putri (yaitu lari gawang 60m, lompat jauh, tolak peluru dan 800m) dan heptathlon putra (yaitu lari gawang 60m). , lompat jauh, tolak peluru, lari 60 m, lompat galah, dan lari 1000 m) di aula. Heptathlon untuk wanita dan dasalomba untuk pria ditujukan untuk penggunaan di luar ruangan.

Baca Juga  Penyebab Pencemaran Udara Brainly

Lintasan dan Lapangan Luar Ruangan biasanya dimulai dan berakhir selama musim semi. Sebagian besar lintasannya berbentuk oval sepanjang 400m. Namun, beberapa lapangan yang lebih tua memiliki panjang 440 yard, sementara beberapa lapangan tidak berbentuk oval dan tidak berukuran 400m/440 yard karena lokasi geografis. Trek modern menggunakan permukaan karet dan trek lama menggunakan pasir atau kerikil. Lintasan biasanya menggunakan 6 sampai 10 lajur dan mungkin mencakup lajur lalu lintas dan selokan di salah satu belokan. Lintasan ini bisa berada di luar atau di dalam lintasan, membuat tikungan lebih rapat atau lebar. Lintasan ini biasanya mengelilingi lapangan yang digunakan untuk sepak bola Amerika, sepak bola, atau lacrosse. Lapangan dalam ruangan ini umumnya dikenal sebagai lapangan dalam ruangan dan permukaannya terbuat dari rumput atau karpet buatan dan merupakan tempat tim mengadakan perkemahan selama turnamen yang panjang. Namun, lembing, palu, dan cakram biasanya dipertandingkan di luar lapangan di lapangan lain, karena memerlukan lebih banyak ruang dan dapat merusak lapangan atau lintasan.

Gerak Dasar Dalam Olahraga Atletik

Jalan Cepat (Bahasa Inggris: Racewalking) adalah olahraga atletik yang berlangsung dengan mengambil langkah tanpa ada kontak dengan tanah. Setiap kali kaki depan diinjak, kaki depan harus menyentuh tanah sebelum kaki belakang meninggalkan tanah. Kaki depan harus diluruskan sejak pertama kali bersentuhan dengan tanah hingga badan mencapai posisi vertikal.

Sprint adalah suatu bentuk lari untuk menempuh jarak tertentu dengan kecepatan maksimum

Internet berasal dari dua kata yaitu, peta berasal dari bahasa yunani yaitu, istilah atletik berasal dari kata dalam bahasa, atletik berasal dari, atletik berasal dari bahasa, istilah atletik berasal dari bahasa, istilah atletik berasal dari, berasal dari bahasa inggris yaitu, politik berasal dari bahasa yunani yaitu, olahraga atletik berasal dari negara, kata komputer berasal dari bahasa yunani yaitu, asmaul husna berasal dari 2 kata yaitu