Cara Memperbaiki Touchscreen Yang Tidak Bisa Disentuh atau Tidak Berfungsi

Cara Memperbaiki Touchscreen yang Tidak Bisa Disentuh atau Tidak Berfungsi – Cara mengatasi  touchscreen yang tidak berfungsi sama sekali itu bisa kalian lakukan sendiri tanpa harus membawa smartphone ke tempat service. Soalnya di jaman sekarang ini kebanyakan android menggunakan sistem touchscreen, hal ini berbeda dengan 2 sampai 3 tahun lalu yang kebanyakan androidnya masih menggunakan tombol. Penggunaan touchscreen ini memang menjadi favorit dan sangat mudah digunakan sehingga banyak vendor ponsel seperti xiaomi, samsung, asus, lenovo, oppo ataupun vivo telah mengusung layar sentuh atau touchscreen.

Namun seperti perangkat android lainnya, touchscreen juga bisa mengalami error yang menyebabkannya tidak berfungsi sebagian layar atau sepenuhnya yang sebagaimana mestinya. Sehingga untuk mengatasinya, anda bisa menggunakan tutorial atau tips yang akan haloponsel bagikan. Jadi cara memperbaiki touchscreen yang tidak bisa disentuh atau layar android tidak merespon, tentunya di dalam artikel ini akan kami jelaskan dengan lengkap. Jadi alangkah baiknya jika masalah tersebut itu terjadi pada hp android milik Anda dimana layar sentuh tidak berfungsi sama sekali jangan langsung membawannya ke service center. Coba deh sobat halokers lakukan cara dibawah ini.

cara memperbaiki touchscreen yang tidak berfungsi

Cara Memperbaiki Touchscreen Yang Tidak Berfungsi Sama Sekali

Touchscreen yang mengalami error dan tidak bisa disentuh terkadang disebabkan oleh beberapa faktor seperti layar sentuh kotor yang dapat menghambat respon jari, penggunaan RAM yang besar dapat memperlambat respon touchscreen, penggunaan handphone yang terlalu lama, dan lainnya. Untuk mengatasi sendiri touchscreen yang tidak bisa disentuh tersebut, anda bisa mengikuti cara memperbaiki touchscreen yang tidak bisa disentuh dengan mudah di bawah ini.

1. Menutup Semua Aplikasi

Penggunaan aplikasi yang banyak dapat membebani Ram dalam menjalankan fungsinya, sehingga hal ini dapat memperlambat respon handphone termasuk respon touchscreen. Apabila respon layar sentuh tersebut sudah lelet, anda bisa langsung menutup aplikasi atau melakukan uninstal pada aplikasi yang tidak terpakai. Penutupan aplikasi ini akan membuat RAM menjadi lebih lega, sehingga respon touchscreen anda bisa lebih cepat baik untuk kegiatan mengetik atau kegiatan lainnya.

2. Membersihkan Layar

Touchscreen atau layar sentuh yang kotor dan berdebu juga dapat menyebabkan respon layar melambat, hal ini dikarenakan debu atau kotoran dapat menghambat sentuhan jari ke layar. Untuk mengatasinya, anda bisa membersihkannya sendiri atau bisa langsung tukang sevice handphone. Namun jika anda ingin membersihkannya sendiri, anda bisa menggunakan kain kering dan minyak kayu putih untuk membersihkannya. Cara ini telah terbukti efektif untuk membersihkan layar handphone.

3. Mengistirahatkan Handphone

Penggunaan handphone secara terus-menerus tanpa ada jeda dapat menyebabkan handphone menjadi cepat panas, dimana hal ini dapat memperlambat respon layar dan mengganggu sistem kerja dari handphone. Apabila penyebab touchscreen handphone anda tidak bisa disentuh adalah karena panas, maka untuk mengatasinya sangat mudah yaitu dengan mengistirahatkan handphone sampai dingin kembali. Anda bisa mencari kesibukan lain, sembari menunggu handphone sampai dingin kembali.

4. Memasukkan Handphone ke dalam Beras

Salah satu faktor touchscreen tidak bisa disentuh adalah terkena air, hal ini bisa terjadi apabila handphone anda tidak dilengkapi dengan waterproof atau bukan handphone anti air. Sehingga untuk mengatasinya anda dapat memanfaatkan beras, caranya yaitu dengan memasukkan handphone ke dalam beras dan tunggu sampai beberapa hari. Lama merendam tidaklah menentu, tergantung banyaknya air yang meresap ke dalam handphone. Ada yang hanya beberapa jam, namun ada juga yang sampai berhari-hari sampai touchscreen bisa kembali digunakan.

Berdasarkan beberapa cara memperbaiki touchscreen yang tidak bisa disentuh sama sekali tersebut, dapat diketahui bahwa cara penanganannya tergantung penyebab touchscreen ponsel android Anda. Karena masing-masing tipe smartphone android itu berbeda misalnya hp xiaomi dan samsung. Sehingga anda perlu mengetahui terlebih dahulu apa yang menjadi penyebab touchscreen melambat responnya.Kemudian baru bisa menemukan cara yang tepat untuk mengatasinya.

Baca juga :

Namun jika anda tidak dapat menemukan yang menjadi sumber masalah dan cara penanganannya atau solusinya, anda bisa langsung membawa handphone ke service center dari merk handphone atau tukang service handphone terdekat. Tapi itu juga apabila cara memperbaiki touchscreen yang tidak bisa disentuh pada artikel ini  sudah enggak work lagi.

Cara Memperbaiki Touchscreen Yang Tidak Bisa Disentuh atau Tidak Berfungsi | Maulana Malik Ibrahim | 4.5