Gerak Membungkuk Sambil Duduk Melatih Kelenturan Otot – Artikel ini ditulis bersama Monica Morris. Monia Morris adalah Pelatih Pribadi Bersertifikat ACE (American Council on Latihan) dan tinggal di San Francisco Bay Area. Berbekal 15 tahun pengalaman dalam pelatihan kebugaran, Monica memulai praktik pelatihan fisik dan mendapatkan sertifikasi ACE pada tahun 2017. Pelatihan fisiknya menekankan pada teknik pemanasan, pendinginan, dan peregangan yang benar.

Meningkatkan kelenturan otot kaki merupakan cara efektif untuk tetap bugar jika Anda baru mulai berolahraga secara rutin. Otot kaki yang fleksibel dapat mencegah cedera saat melakukan latihan intensitas tinggi. Selain itu, peregangan kaki memberikan efek positif pada punggung, kemampuan melakukan tugas sehari-hari, dan kesehatan fisik.

Gerak Membungkuk Sambil Duduk Melatih Kelenturan Otot

Baik Anda baru berolahraga agar tetap bugar atau ingin melakukan split untuk mengesankan teman-teman Anda, biasakan untuk meregangkan otot kaki 3-4 kali seminggu. Selain itu, sebaiknya lakukan beberapa pose untuk melatih otot paha depan, paha belakang, betis, dan pinggul untuk meningkatkan kelenturan otot kaki dalam beberapa minggu.

Cara Untuk Menghentikan Kebiasaan Membungkuk

Artikel ini ditulis bersama Monica Morris. Monia Morris adalah Pelatih Kebugaran Pribadi Bersertifikat ACE (American Council on Latihan) dan tinggal di San Francisco Bay Area. Berbekal 15 tahun pengalaman dalam pelatihan kebugaran, Monica memulai praktik pelatihan fisik dan mendapatkan sertifikasi ACE pada tahun 2017. Pelatihan fisiknya menekankan pada teknik pemanasan, pendinginan, dan peregangan yang benar. Artikel ini telah dilihat 7.925 kali 10 Tips Efektif Fleksibilitas dalam Latihan Fitness – Saya yakin belum banyak yang mengetahui fakta ini.

Dalam latihan fitnes ternyata yang namanya kelenturan atau elastisitas tubuh sangat diperlukan. Namun, masyarakat belum mengetahui cara melatih kelenturan tubuhnya sendiri.

Penasaran bagaimana cara dan tips melatih kelenturan tubuh? Simak ulasan latihan kelenturan tubuh di bawah ini.

Telah kami sebutkan bahwa latihan kebugaran jasmani akan memberikan efek yang baik bagi tubuh jika dilakukan secara rutin.

Baca Juga  Kegiatan Pertanian Di Laos Berada Di Sekitar Daerah Aliran Sungai

Jenis Latihan Kelenturan Tubuh

Namun, latihan fitnes juga akan lebih baik jika Anda melatih kelenturan tubuh. Penjelasan lengkapnya bisa Anda baca sebagai berikut.

Sebelum kita masuk ke tips latihan fleksibilitas yang efektif dalam latihan kebugaran, mari kita pahami pentingnya memiliki tubuh yang fleksibel.

Para dokter dan ahli terapi fisik sepakat bahwa kelenturan merupakan bagian penting untuk menjaga tubuh tetap bugar agar tetap dapat berfungsi secara maksimal.

Menurut David Geyer, direktur kedokteran olahraga di Medical University of South Carolina dan juru bicara American Orthopaedic Association for Sports Medicine, fleksibilitas adalah pilar ketiga kebugaran, setelah latihan kardio dan kekuatan/berat.

Manfaat Foam Roller Untuk Kesehatan Dan Otot

Memiliki tubuh yang lentur dapat membantu Anda mencapai tingkat kebugaran yang paling optimal, menghindarkan Anda dari cedera dan dapat menjadi tameng terhadap berbagai kondisi yang tidak menyenangkan, misalnya radang sendi dan berbagai penyakit serius lainnya.

Saat Anda meregangkan otot, itu berarti Anda memperpanjang jangkauan tendon, atau serat otot, yang menempelkan otot ke tulang. Semakin panjang otot paha belakang, semakin mudah Anda meningkatkan ukuran otot saat melakukan latihan beban/kekuatan.

Jika serat otot menjadi lebih kuat, hal ini juga akan meningkatkan metabolisme tubuh dan meningkatkan kebugaran secara keseluruhan.

Kebiasaan yang berulang-ulang, seperti membungkukkan punggung saat bekerja di depan layar komputer/laptop, dapat memperpendek jangkauan beberapa otot tersebut.

Pjok Kelas Satu

Hal ini akan cukup menyulitkan Anda di kemudian hari jika dibarengi dengan penurunan elastisitas otot secara alami akibat penuaan.

Gerakan cepat hingga spontan, seperti menangkap benda yang jatuh, juga berpotensi meregangkan otot hingga melebihi batas kemampuannya. Tindakan ini mungkin menyebabkan keseleo atau ketegangan ringan.

Memiliki kondisi tubuh yang fleksibel juga dapat membantu Anda lebih mudah beradaptasi terhadap faktor eksternal yang dapat menyebabkan stres fisik.

Gerakan untuk melatih kelenturan tubuh yang pertama adalah gerakan hip flexor atau Quad Stretch. Bagi anda yang belum paham apa itu fleksor, izinkan saya menjelaskannya terlebih dahulu.

Posisi Duduk Untuk Penderita Nyeri Pinggang

Fleksor merupakan otot yang menggerakkan anggota badan atau disebut juga otot fleksor. Jadi fleksor pinggul harus melatih otot-otot yang mengencangkan pinggul.

Kemudian, tekuk kaki kanan ke depan dan coba tekuk lutut kanan 90 derajat. Telapak kaki kanan harus menjejak kuat di lantai dan sejajar langsung dengan lutut kanan.

Kemudian tekan ke bawah dengan tangan dan dorong pinggul ke depan hingga terasa regangan pada bagian depan pinggul kanan, selangkangan, dan paha.

Lakukan peregangan ini selama 20 hingga 30 detik. Lepaskan gerakan tersebut dan ulangi gerakan sebelumnya pada kaki kiri.

Baca Juga  Kedatangan Jepang Ke Indonesia Brainly

Buku_penjasorkes_kelas3_sd By Heri Muriyanto

Latihan fleksibilitas selanjutnya yang bisa Anda lakukan di rumah adalah legreach bridge. Cara melakukan latihan kelenturan ini juga sangat mudah.

Kamu hanya berbaring telentang di kasur. Kemudian tekuk lutut hingga membentuk 90 derajat dan letakkan kaki lurus di lantai. Letakkan juga kedua lengan tepat di samping badan.

Angkat dan rentangkan kaki kanan Anda secara perlahan. Letakkan pinggul Anda ke atas sehingga membentuk garis diagonal dari lutut kanan hingga bahu kanan.

Saat Anda menekan punggung atas ke lantai dan mendorong dada ke atas, angkat kaki kanan lebih tinggi dan turunkan kembali secara perlahan.

Penjas Kelas 3

Lakukan hingga 10 repetisi dan tahan repetisi terakhir selama kurang lebih 10 detik. Ulangi gerakan ini pada kaki lainnya.

Rekomendasi latihan peregangan atau kelenturan berikutnya adalah Seated Trunk Twist. Gerakan ini pasti sering Anda lihat di video orang-orang yang sedang berolahraga. Hanya saja Anda mungkin belum mengetahui apa nama gerakan tersebut.

Duduk tegak di atas matras. Kemudian kencangkan perut dan ambil posisi bersila, regangkan/luruskan kaki.

Setelah itu, putar tulang rusuk Anda ke kanan atau lihat ke kanan. Pertahankan posisi ini agar hidung sejajar dengan tulang dada dan rasakan kontraksi otot perut.

Gerakan Meliukan Badan Ke Samping Kanan Maupun Ke Samping Kiri Termasuk Latihan Kelentukan Otot! A.

Kemudian angkat tulang rusuk dari pinggul untuk memutar lebih jauh ke kanan. Sehingga nantinya posisi tubuh bagian atas akan terlihat lebih tinggi. Anda harus memutar sebanyak yang Anda bisa.

Kembali ke posisi netral dan ulangi, putar tubuh Anda ke sisi kiri untuk menyelesaikan set di sisi kiri.

Anda bisa mengulangi hingga 10 set gerakan ini sambil menahan putaran tubuh terakhir selama kurang lebih 30 detik di setiap sisi tubuh. Baik kanan maupun kiri.

Melakukan gerakan Fold Stretch sangatlah mudah. Anda hanya perlu berdiri tegak dengan kaki dibuka selebar pinggul. Tekuk lutut sedikit dan letakkan tangan di sisi tubuh.

Gerakan Non Lokomotor: Pengertian, Gerakan Dasar, Manfaat

Buang napas saat ingin membungkuk ke depan. Jaga agar kepala, leher, dan bahu Anda tetap rileks saat Anda membungkuk.

Kemudian lingkarkan kedua lengan tepat di belakang betis dan tahan selama mungkin. Mulai dari 30 hingga 2 menit. Setelah itu, tekuk kembali lutut Anda dan luruskan kembali secara perlahan.

Jika Anda merasa tidak nyaman membungkuk sejauh itu, Anda bisa menekuk lutut lebih dalam atau meletakkan kedua tangan di permukaan yang lebih tinggi.

Gerakan selanjutnya yang dapat membantu melatih kelenturan tubuh adalah Butterfly Stretch. Gerakan ini dapat membantu leher, punggung, otot bokong, paha belakang, dan paha menjadi lebih fleksibel.

Baca Juga  Kriteria Kelompok Berdasarkan Perilaku

Kisi Kisi Pas Sd It Hidayaturrahman Tahun Pelajaran 2021 2022

Ambil posisi duduk di atas matras latihan. Jika Anda tidak memilikinya, turunkan saja ke lantai. Kemudian tekuk kaki Anda ke dalam dari lutut, seolah ingin menyilangkan kaki. Lalu rapatkan kedua kakimu.

Anda juga bisa meletakkan kedua lutut di luar badan. Pegang kaki Anda dengan tangan, kencangkan perut dan gerakkan tubuh bagian atas ke depan secara perlahan sambil menyatukan kedua kaki.

Pegang dan dorong tubuh Anda sejauh yang Anda bisa. Sebaiknya Anda menahan gerakan ini selama 30 hingga 1 menit jika Anda seorang pemula.

Ingat, jangan memaksakan periode jika tidak bisa. Penting untuk mengulanginya lagi hingga Anda akhirnya bisa menahannya beberapa detik lebih lama.

Masih Muda Masa Udah Bungkuk? Yuk, Rutin Lakuin 7 Tips Ini, Gaes!

Jika pose atau gerakan ini terasa tidak nyaman bagi Anda, Anda bisa menopang punggung dengan tumpukan selimut atau bantal tipis. Tujuannya agar posisi duduk menjadi lebih nyaman.

Gerakan menekuk tubuh berikutnya yang disarankan adalah punggung bawah dan otot bokong. Ikuti cara melatih gerakannya di sini.

Berbaring telentang di atas matras, lalu tekuk lutut hingga 90 derajat. Jaga agar kaki Anda tetap rata di lantai/matras.

Letakkan tangan Anda di belakang paha, lalu tarik kaki Anda ke arah dada. Terus tarik sampai Anda merasakan hambatan. Tahan posisi ini selama kurang lebih 30 detik saja. Kembali ke posisi semula.

Pdf) Bermain Sepeda Untuk Melatih Kemampuan Motorik Kasar Anak Usia 5 6 Tahun

Saat masih berbaring, luruskan kedua kaki ke depan. Tekuk salah satu kaki dan dorong tumit ke arah belakang.

Tarik perlahan kaki secara diagonal ke arah bahu yang berlawanan sampai Anda merasakan hambatan. Selain itu, tahan posisi ini selama 30 detik. Setelah itu kembali ke posisi semula dan lakukan hal yang sama pada kaki lainnya.

Latihan fleksibilitas berikutnya yang kami sarankan Anda coba adalah Swan Stretch. Mari ikuti cara melakukan peregangan.

Berbaring telentang di atas matras lalu letakkan kedua tangan di depan bahu, jari-jari kaki menghadap ke depan, sedangkan kedua kaki lurus dan agak terbuka.

Pendidikan Jasmani Olahraga Dan Kesehatan Kelas 5 Akhmad Olih Solihin Khairul Hadziq 2010 By Gallery Azzam

Saat Anda meregangkan perut, Anda bisa mengendurkan bahu Anda. Dengan panggul masih di atas matras, Anda dapat mengangkat tubuh bagian atas memanjang dan menjauhi matras atau seperti sedang meraih sesuatu di atas kepala.

Tarik tulang belikat untuk membuka dada. Tahan posisi ini selama 30 hingga 45 detik sebelum melepaskannya. Ulangi gerakan ini lima kali.

Kelenturan tubuh juga dapat dicapai dengan latihan Merpati Berbaring. Caranya adalah dengan berbaring tegak di atas matras dan menekuk kedua lutut.

Luruskan kaki kanan Anda, lalu silangkan di atas paha kiri Anda. Jalin tangan Anda di belakang paha kiri. Setelah itu, angkat kaki kiri ke atas sambil punggung dan bahu ditekan ke matras.

Peregangan Mudah Yang Bisa Anda Lakukan Di Kantor • Hello Sehat

Tarik perlahan kaki kanan ke arah dada hingga Anda mencapainya

Gerak push up dilakukan untuk melatih kekuatan otot, melatih otot kaki, gerakan melatih kelenturan, cara melatih kelenturan, cara melatih otot bisep, melatih otot, sebutkan 3 gerakan melatih kelenturan otot leher, cara melatih kelenturan tubuh, gerak push up bertujuan untuk melatih otot, senam osteoporosis sambil duduk, alat melatih otot tangan, kelenturan otot