Jelaskan Sikap Kita Terhadap Pengaruh Asing Yang Masuk Ke Indonesia – Masuknya budaya asing ke Indonesia membawa dampak yang besar bagi kehidupan generasi muda saat ini. Sebagai reaksi terhadap budaya yang masuk, kita akan berusaha mengatasinya agar jati diri kita sebagai anak negara tidak rusak.

Banyaknya kejahatan yang terjadi saat ini tidak terlepas dari masuknya budaya asing. Kejahatan, narkoba, tawuran, homoseksualitas, perzinahan terjadi karena generasi muda kita meniru budaya asing yang menurut mereka sudah tidak sah lagi. Hal inilah yang terjadi pada generasi muda kita saat ini akibat ketidakmampuan mereka beradaptasi dengan budaya asing yang masuk. Dalam hal ini, mulai saat ini pemerintah dan kita para generasi muda tidak boleh dibiarkan begitu saja. Terimalah budaya asing yang masuk agar generasi muda Indonesia tidak binasa dan agar kita semua bisa membangun Indonesia menjadi masyarakat madani tanpa pengaruh budaya asing.

Jelaskan Sikap Kita Terhadap Pengaruh Asing Yang Masuk Ke Indonesia

Penyebab permasalahan ini adalah globalisasi yang tiada henti. Maraknya globalisasi dengan cepat merambah ke masyarakat, terutama di kalangan generasi muda. Dampak globalisasi terhadap generasi muda juga sangat kuat. Dampak globalisasi menyebabkan banyak generasi muda kita kehilangan jati dirinya sebagai bangsa Indonesia. Hal ini dibuktikan dengan gejala-gejala yang terjadi dalam kehidupan sehari-hari generasi muda masa kini.

Baca Juga  Tanah Liat Termasuk Bahan Pembuatan Patung Yang Bersifat

Lima Penyebab Umat Islam Pecah Dalam Urusan Islam Dan Politik

Dilihat dari gaya berpakaiannya, sebagian besar anak muda berdandan layaknya selebritis yang mengikuti budaya Barat. Mereka mengenakan pakaian yang memperlihatkan bagian kecil tubuh yang tidak boleh terlihat. Gaya pakaian ini tidak sesuai dengan budaya kita. Ingatlah bahwa jenis rambut diwarnai dengan warna berbeda. Singkatnya, orang memilih menjadi orang lain dengan menyembunyikan identitasnya. Banyak generasi muda yang tidak ingin melestarikan budaya tanah air dengan mengenakan pakaian indah yang sesuai dengan budaya negaranya.

Teknologi internet merupakan teknologi yang memberikan informasi tanpa batas dan dapat diakses oleh semua orang. Persoalan lainnya adalah internet sudah menjadi makanan sehari-hari kaum muda. Jika digunakan dengan benar, tentu kita akan memperoleh manfaat yang sangat berharga. Namun jika tidak, kita akan mengalami kerugian. Namun saat ini banyak pelajar dan mahasiswa yang menggunakannya secara tidak tepat. Misalnya membuka situs porno. Tidak hanya internet, ada juga hal lain yang sah bagi mereka, yaitu telepon. Mereka tidak mempunyai dampak sosial apa pun terhadap masyarakat karena mereka lebih memilih sibuk dengan pekerjaan dan menggunakan ponsel.

Dilihat dari perilakunya, banyak generasi muda yang berperilaku tidak bermoral dan kurang memiliki minat dan kepedulian terhadap lingkungan. Karena globalisasi melibatkan kebebasan dan keterbukaan, mereka melakukan apapun yang mereka inginkan. Keberadaan geng-geng remaja motor yang melakukan kekerasan dan mengganggu ketenteraman dan kenyamanan masyarakat adalah contoh nyatanya.

Apa yang akan terjadi pada generasi muda jika dampak di atas tidak dikendalikan? Akhlak generasi bangsa telah terkorupsi, dan kebiasaan-kebiasaan buruk semakin banyak terjadi di kalangan generasi muda. Hubungan dengan nilai patriotisme akan menurun karena tidak adanya rasa cinta terhadap budaya negara dan rasa cinta tanah air. Padahal, yang akan mewakili masa depan bangsa adalah generasi muda. Apa akibatnya jika masa depan negara tidak memiliki rasa patriotisme?

Baca Juga  Apabila Kedaulatan Itu Hilang Dalam Suatu Negara Maka Akan Terjadi

Sikap Selektif Terhadap Kemajuan Iptek Di Bidang Sosial Budaya

Berdasarkan analisa dan penjelasan di atas, dampak negatif globalisasi lebih besar dibandingkan dampak positifnya. Oleh karena itu, diperlukan suatu metode yang dapat memprediksi dampak negatif globalisasi terhadap nilai-nilai nasionalisme.

Upaya antisipasi tersebut diharapkan dapat mencegah dampak globalisasi yang dapat mengubah nilai patriotisme dalam negeri. Jangan sampai kita kehilangan rasa kemanusiaan bangsa kita.

Soal baru di IPS Nama cagar budaya diatas adalah a. B.terlalu banyak. sesuatu d. tombak. Buruan abang, besok berkemas, dimana desa Silampuyang? Apa hubungan antara kondisi lalu lintas dan aktivitas ekonomi? Buruan Saudaraku, banyak orang Belanda di Parlemen besok yang bersimpati dengan penderitaan rakyat Indonesia karena penderitaan rakyat Indonesia karena pemerintah Belanda, termasuk Van Deventer. kompensasi dan Edward Douwes Dekker. Pengarang: Max Havelaar. Apa salahnya mengkritik kebijakan negara sendiri? Tolong bantu kawan. Apa dampak letak geografis Indonesia terhadap kekuatan pertambangannya? Dengan perkembangan global, budaya asing tidak bisa dihindari. Terlebih lagi, Indonesia telah menjadi tempat tujuan orang datang dan pergi sehingga pertukaran budaya dapat berlangsung dengan cepat. Pesatnya pengaruh budaya asing membawa dampak yang besar terhadap struktur budaya masyarakat.

Kebudayaan asing dapat memberikan dampak positif seperti mengubah sikap masyarakat dan meningkatkan taraf hidup mereka. Meski begitu, masuknya budaya asing ke Indonesia juga berdampak negatif terhadap budaya dan nilai-nilai Indonesia.

Menjelaskan Cara Melestarikan Budaya Bangsa, Cari Jawaban Kelas 5 Sd Tema 7

Dengan berkembangnya teknologi dan globalisasi. Pengaruh budaya asing semakin banyak berpengaruh di Indonesia, dan sebenarnya pengaruh tersebut sudah ada sejak lama. Dampak nyata dari pengaruh budaya asing adalah makanan cepat saji yang telah mengubah kebiasaan makan masyarakat Indonesia dan semakin populer. Apartemen. Partisipasi terhadap teknologi dan media asing juga berkontribusi terhadap perubahan gaya hidup masyarakat Indonesia. Ada juga kekhawatiran dalam budaya populer asing tentang ancaman terhadap identitas budaya negara tersebut. Salah satunya berkaitan dengan identitas budaya Indonesia. “Kami khawatir akan hilangnya nilai-nilai tradisional.”

Baca Juga  Dalil Yang Menunjukkan Bahwa Salat Jum'ah Itu Wajib Adalah

Selain itu, budaya populer dari luar negeri seperti musik, film Hollywood bahkan serial K-pop asal Korea Selatan semakin mendapat tempat di masyarakat Indonesia. Dengan demikian, budaya ini menjadi bagian dari kehidupan kita sehari-hari. Hal ini dapat memengaruhi preferensi dan sikap masyarakat terhadap hiburan dan gaya hidup.

Namun penting juga untuk melihat pengaruh budaya eksternal dan pemikiran positif. Sebab, sebagai masyarakat, kita tidak selalu menutup diri terhadap pengaruh budaya asing. Merangkul budaya asing juga dapat menciptakan peluang pertukaran ide, pengetahuan dan kolaborasi serta mendorong inovasi dan pengembangan kreativitas.

Program Akuntansi Universitas TAG Ilmusosbud Pamulang Kegiatan Kelas Budaya Nyata Indonesia dalam Ilmu Pengetahuan Sosial dan Budaya

Pengertian Semangat Patriotisme Dalam Era Globalisasi Dan Contohnya

Makalah pengaruh budaya asing terhadap budaya indonesia, sikap selektif terhadap pengaruh globalisasi, jelaskan pengaruh letak geografis terhadap kebudayaan yang ada di indonesia, jelaskan pengaruh iklim terhadap persebaran hewan dan tumbuhan di indonesia, pengaruh budaya asing terhadap budaya lokal, makalah pengaruh bahasa asing terhadap bahasa indonesia, sikap terhadap budaya asing, jelaskan pengaruh konsentrasi substrat terhadap kerja enzim, sikap kita terhadap globalisasi, pengaruh budaya asing terhadap indonesia, sikap kritis terhadap pengaruh perubahan sosial budaya, pengaruh bahasa asing terhadap bahasa indonesia