Mengapa Pada Cuaca Dingin Orang Suka Menggosok-gosokkan Telapak Tangannya – 12 Penyebab Kulit Kering dan Pengobatannya Diterbitkan: 22 Februari 2019 Terakhir diperbarui: 12 Oktober 2020 Dilihat 13 Juni 2019 Waktu baca: 6 menit

Kulit kering mungkin tidak terlalu terlihat, apalagi jika bukan penyebab timbulnya sisik. Namun, jika Anda memulainya, biasanya Anda baru mengetahui bahwa kulit Anda kering. Bagi sebagian orang, situasi ini kerap membuat mereka emosi, apalagi jika ada orang lain yang berkomentar. Sebelum mengatasinya, ada baiknya kenali dulu penyebab kulit kering berikut ini.

Mengapa Pada Cuaca Dingin Orang Suka Menggosok-gosokkan Telapak Tangannya

Istilah medis untuk kulit kering adalah xerosis atau xeroderma. Kulit kering biasanya memiliki permukaan yang lebih kasar. Anda juga akan merasa sesak atau sesak saat mandi, sehabis mandi, atau saat berenang.

Salinan Terjemahan Dokumen Tanpa Judul (1)

Jika kondisinya serius, luka dalam bisa terjadi dan pendarahan bisa terjadi. Bahayanya lagi, jika tidak segera ditangani, kulit kering bisa berujung pada dermatitis atau peradangan kulit, pembengkakan, dan infeksi.

Meski kulit kering, terkelupas, dan gatal bisa muncul di bagian tubuh mana pun, lengan, tangan, betis, dan perut biasanya menjadi area utama.

Kulit normal yang sehat biasanya dilapisi dengan lipid atau zat lemak alami untuk menjaga teksturnya tetap lembab, halus dan kenyal. Namun, ada banyak faktor yang dapat menyebabkan lapisan minyak alami ini tidak terlindungi dari kulit.

Ada banyak faktor yang bisa menyebabkan kulit kering, sebagian besar berasal dari faktor luar. Kulit kering bisa disebabkan oleh kandungan kimia yang tidak tepat pada sabun yang terlalu keras, bahan pakaian yang menyebabkan iritasi, penggunaan pelembap yang salah, atau terlalu lama mandi air panas. Selain itu, efek samping obat yang dikonsumsi juga bisa menyebabkan kulit kering.

Baca Juga  Jelaskan Cara Menyampaikan Brosur Kepada Masyarakat

Bayi Sulit Tidur? Cari Tau Caranya Disini!

Faktor internal seperti gangguan kesehatan, menopause, atau kecenderungan genetik (tubuh rentan terkena penyakit genetik) juga bisa membuat kulit menjadi kering. Untuk lebih jelasnya yuk simak di bawah ini penjelasan detail mengenai beberapa penyebab kulit kering.

Saat cuaca dingin tiba, udara di sekitar menjadi kering sehingga cenderung mencuri kelembapan kulit manusia. Biasanya hal ini bukan masalah besar bagi negara tropis seperti Indonesia.

Namun yang menjadi kendala adalah penggunaan AC yang dapat menyebabkan kulit kering. Suhu AC yang sangat dingin menyebabkan udara ruangan menjadi kurang lembab sehingga kulit menjadi kering dan tidak nyaman.

Untuk menangkal dampak buruk tersebut, gunakanlah humidifier dan atur suhu AC agar tidak terlalu dingin. Saat cuaca di luar sedang hangat, Anda juga bisa mengenakan syal, syal, atau sarung tangan saat keluar.

Mie Dingin Yang Menyegarkan Di Musim Panas ! 🥵🥶

Faktanya, mandi dalam waktu lama akan menyebabkan lebih banyak air yang keluar dari tubuh Anda. Sebab setelah mandi, air yang ada di permukaan tubuh akan lebih cepat menguap dan menimbulkan risiko kulit kering.

Oleh karena itu, sebaiknya batasi waktu mandi Anda menjadi 5-10 menit saja. Ini akan membantu melembabkan kulit dan mencegah masalah kulit kering.

Sabun dapat dengan cepat menghilangkan minyak pelindung alami pada kulit. Yang belum diketahui banyak orang adalah Anda tidak perlu mengoleskan sabun ke badan saat mandi.

Cukup usapkan sabun pada area tubuh yang kotor seperti wajah, tangan, kaki, dagu, dan betis. Bagian tubuh lainnya hanya bisa dibasuh dengan air.

Kalor Konduktor Isolator Kls 5

Begitu pula dengan kebiasaan mencuci tangan. Meski dokter sering menganjurkan agar kita sering mencuci tangan, namun kebiasaan baik ini sering kali menyebabkan kulit kering. Hal ini bisa menjadi lebih buruk jika Anda salah memilih sabun atau menggunakannya terlalu banyak.

Sebaiknya pilih sabun yang lembut dan tidak beraroma. Hindari sabun yang mengandung bahan keras seperti deodoran atau antibakteri.

Membersihkan kulit saat mandi memang bisa membantu membersihkan kulit dari segala jenis kotoran. Namun tanpa disadari, aktivitas rutin tersebut bisa menyebabkan kulit kering.

Baca Juga  Lagu Berdayung Memiliki Birama

Apalagi jika Anda suka melakukan eksfoliasi kulit dengan alat seperti spons, kain flanel, atau batu. Gesekan antara bahan pembersih dengan kulit dapat menyebabkan kulit kering.

Umar Mansur Ar Rahimy: 50 Hadits Singkat Shahih Bukhari Dan Faidahnya (5) No.230 284

Mandi air panas baik karena meningkatkan sirkulasi darah dan membuat tubuh rileks. Namun, air panas (termasuk mandi uap panas) juga dapat menghilangkan minyak pelindung alami kulit. Jadi apa yang harus dilakukan?

Anda bisa memilih air hangat atau panas. Jika Anda menggunakan sabun, matikan airnya agar Anda tidak selalu berdiri di depan air.

Tak banyak orang yang mengira gesekan berlebihan antara tubuh dan handuk bisa mengeringkan permukaan kulit. Jadi, setelah mandi, keringkan kulit secara lembut menggunakan handuk – bukan dengan menepuk-nepuknya.

Jika Anda memiliki kulit kering, Anda mungkin sudah mencoba lusinan produk pelembab. Padahal, pelembap berperan penting dalam merawat kulit kering.

Ketahui Penyebab Panu Di Kulit Wajah Beserta Cara Mengatasinya

Namun, para ahli menunjukkan bahwa banyak orang melakukan kesalahan saat melamar. Salah satu kesalahannya adalah menggunakan pelembap saat kulit sedang kering.

Ternyata pelembap sebaiknya diaplikasikan saat kulit dalam keadaan basah. Hal ini akan membuat pelembap dapat mempertahankan atau mempertahankan kelembapan pada kulit.

Namun, situasi ‘basah’ yang dimaksud sebenarnya tidak basah. Sehabis mandi, tepuk-tepuk kulit hingga kering dengan handuk, lalu segera oleskan pelembap. Biarkan pelembap meresap selama beberapa menit, lalu Anda bisa berpakaian.

Selain memperhatikan cara penggunaannya, pemilihan jenis pelembap yang tepat juga penting. Jika Anda memiliki kulit kering, sebaiknya pilih produk yang lembut tanpa pewangi atau alkohol.

Gosokkan Transfer Untuk Mebel Dan Kerajinan

Bahkan urinoir pun harus kental dan berminyak untuk menyerap kelembapan. Cara mudah untuk mengujinya adalah dengan mengoleskan sedikit losion pada telapak tangan, lalu balikkan telapak tangan.

Tergantung pada jenis kulit, beberapa bahan pakaian juga akan memberikan pengaruh yang besar pada kulit. Pakaian ketat dan bahan longgar akan semakin menimbulkan gesekan pada kulit sehingga dapat menyebabkan kulit kering bahkan iritasi.

Beberapa jenis obat yang dapat menyebabkan kulit kering antara lain obat untuk mengatasi psoriasis, diabetes, hipotiroidisme, dan malnutrisi. Selain itu, obat hipertensi (diuretik) dan jerawat atau masalah kulit lainnya (retinoid) juga disertakan.

Baca Juga  Salah Satu Hal Penting Dalam Membuat Peta Minda Adalah

Segera konsultasikan ke dokter bila Anda mengalami efek samping obat yang Anda minum. Dokter Anda mungkin mengganti obat Anda atau menurunkan dosisnya.

Ragam Obat Dan Ramuan Tradisional Banjar Kalsel

Penuaan juga mempengaruhi kelembapan kulit. Seiring bertambahnya usia, produksi minyak alami pada kulit semakin berkurang. Kulit juga menjadi kering dan bersisik.

Sebenarnya, perubahan tersebut merupakan hal yang normal karena produksi hormon dalam tubuh menurun seiring bertambahnya usia. Mengandung hormon yang berperan dalam menjaga kesehatan kulit.

Setiap orang memiliki ciri-ciri tertentu, antara lain kesehatan dan tekstur kulit. Dalam sebuah keluarga, karena faktor keturunan, sebagian orang memiliki kulit yang kasar.

Jadi jika kulit Anda mudah kering, coba perhatikan sepupu kandung Anda. Faktor genetik mungkin berperan.

Cara Ampuh Dan Mudah Bersihkan Panci Yang Gosong Di Rumah

Ada penyakit lain, baik ringan maupun berat, yang bisa menyebabkan kulit kering. Cara menghadapinya selalu mengarah kembali pada penyebabnya.

Mengonsumsi obat mungkin cukup untuk mengatasi kulit kering. Namun sebaiknya diimbangi dengan tindakan pencegahan agar kulit tidak kembali kering.

Jika masalah kulit kering terus berlanjut, jangan ragu untuk berkonsultasi ke dokter. Dokter Anda mungkin meresepkan obat-obatan tertentu, seperti antihistamin untuk mengatasi sensitivitas, atau krim (termasuk steroid) untuk mengatasi kulit kering.

Tim Editorial berkomitmen untuk memberikan pengetahuan yang akurat kepada pembaca. Kami bekerja sama dengan dokter dan praktisi kesehatan dan menggunakan sumber daya yang dapat diandalkan dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial di sini.

Cara Untuk Membersihkan Sepatu Bot Ugg

Papadakis MA, dkk., eds. penyakit dermatologis. Dalam: Diagnosis & Perawatan Medis Saat Ini 2016. Edisi ke-55. New York, NY: Perusahaan McGraw-Hill; 2016.http://www.accessmedicine.com.

Tukang Emas LA, dkk., eds. Kosmetik dan perawatan kulit di bidang dermatologi. Dalam: Dermatologi Fitzpatrick dalam Kedokteran Umum. edisi 8. New York, NY Perusahaan McGraw-Hill; 2012.http://www.accessmedicine.com.

Artikel ini hanya untuk informasi kesehatan, bukan diagnosis medis. menyarankan anda untuk terus berkonsultasi langsung dengan dokter spesialis pada bidangnya.

Konten ini ditulis atau direview oleh praktisi kesehatan dan didukung oleh setidaknya tiga referensi dan sumber terpercaya.

Free Draft] Puncak Dunia (trilogi Petualang 1) · Karyakarsa

Tim Editorial berdedikasi untuk menyampaikan konten yang akurat, komprehensif, mudah dipahami, inovatif dan proaktif. Anda dapat membaca proses editorial selengkapnya di sini.

Jika Anda memiliki pertanyaan atau komentar mengenai artikel kami, Anda dapat menghubungi kami melalui WhatsApp di 0821-2425-5233 atau melalui email di [email dilindungi].

Telapak kaki suka dingin, telapak kaki terasa dingin padahal cuaca panas, mengapa telapak kaki terasa dingin, jaket untuk cuaca dingin, mengapa tangan suka kesemutan, mengapa orang korea suka operasi plastik, cuaca dingin, mengapa kulkas tidak dingin, mengapa cuaca dingin sering buang air kecil, alergi dingin pada telapak tangan, mengapa ac tidak dingin, mengapa ketika cuaca cerah udara tidak terasa dingin