Teks Deskripsi Adalah – Yuk, pelajari pengertian teks deskriptif, ciri-ciri, struktur, jenis-jenis dan contohnya pada artikel bahasa Indonesia untuk kelas 7 berikut ini! –

Sobat pasti sering-sering membaca artikel yang berbeda-beda kan? Pada dasarnya menulis terbagi menjadi dua kategori utama, yaitu fiksi dan nonfiksi. Tentu saja membaca fiksi itu menyenangkan bukan? Namun bagaimana dengan teks sastra?

Teks Deskripsi Adalah

Ternyata teks nonfiksi terbagi menjadi beberapa jenis tulisan, salah satunya adalah teks deskriptif. Wah, apa itu teks deskriptif? Tenang guys, pada artikel kali ini saya akan membahasnya secara lengkap mulai dari pengertian, tujuan, ciri, struktur dan pola teks. Bagi yang penasaran langsung saja simak komentar dibawah ini ya!

Materi Teks Deskripsi

Menurut KBBI, kata uraian mempunyai kata lain yaitu pendeskripsi yang berarti mengungkapkan atau menggambarkan dengan kata-kata secara jelas dan rinci. Jadi yang dimaksud dengan teks deskriptif adalah penjelasan yang jelas mengenai suatu hal.

Bisa benda atau makhluk hidup ya. Agar kita dapat menjelaskan suatu hal dengan jelas, tentunya kita memerlukan rincian tentang apa yang ingin kita jelaskan dalam teks tersebut.

Menurut Utorodevo (2007), tujuan teks deskriptif adalah mendeskripsikan bentuk objek pengamatan, sifatnya, rasa atau gayanya dengan mengandalkan panca indera dalam proses mendeskripsikannya.

Ciri-ciri teks deskriptif berbeda-beda menurut 3 hal, yaitu tujuan, objek yang ingin dideskripsikan, dan isi teks itu sendiri. Di bawah ini penjelasan lengkapnya:

Contoh Teks Deskripsi Tentang Alam

Karena teks deskriptif bertujuan untuk mendeskripsikan atau menggambarkan sesuatu sedetail dan sejelas mungkin mengenai objek, lingkungan, dan perasaan, maka teks ini hendaknya disusun sedemikian rupa sehingga pembaca dapat melihat, mendengar, dan merasakan apa yang sedang dijelaskan.

Seperti teks lainnya, teks ini memiliki struktur linier. Struktur teks deskriptif terdiri dari judul, kalimat topik, deskripsi dan kesimpulan. Mari kita bahas satu per satu ya?

Dimulai dari judul yang tujuannya untuk mendeskripsikan isi teks. Misalnya seperti judul teks di atas. Karena judul teksnya adalah “Sekolahku”, maka otomatis isi teks tersebut menggambarkan suasana sekolah menulis.

Lalu ada kalimat topik yang berisi kalimat awal tentang hal yang sedang dijelaskan. Pada contoh teks di atas, kalimat topiknya ada pada kalimat pertama, yaitu “sekolahku terlihat bersih”. Artinya penulis ingin memberikan kesan kepada kita dan pembaca lainnya bahwa sekolah tersebut tampak bersih.

Baca Juga  Berinfak Dan Bersedekah Adalah Sebagai Bukti Rasa Syukur Kita Kepada

Lengkap ! Inilah Cara Membuat Teks Deskripsi Bahasa Inggris!

Selanjutnya, deskripsi. Berbeda dengan kalimat topik, deskripsi ini berisi beberapa kalimat yang menjelaskan lebih detail tentang apa yang ingin Anda uraikan. Bisa dari penampakan, bau, rasa, suasana, dan lain-lain. Contoh deskripsi pada teks di atas ada pada kalimat kedua sampai keenam ya.

Struktur akhir teks deskriptif adalah kesimpulan, yang merupakan bagian akhir dari teks. Biasanya memuat pendapat atau kesan penulis terhadap apa yang dideskripsikan. Kesimpulan dari teks di atas adalah penulis dan teman-temannya bisa lebih giat belajar karena lingkungan sekolah yang bersih.

Nah, ada beberapa kaidah kebahasaan yang perlu kita perhatikan saat menulis teks deskriptif, geng. Ada 4 kaidah bahasa pada teks deskriptif, antara lain sebagai berikut!

Jadi jika Anda akan menulis teks deskriptif, pastikan untuk menyertakan hal-hal yang Anda perhatikan terlebih dahulu ya. Misalnya, Anda ingin mendeskripsikan sebuah gunung. Anda bisa memulainya dengan “gunung itu hijau di kejauhan”.

Lembar Kerja Peserta Didik (lkpd) Teks Deskripsi Worksheet

Warna hijau artinya bisa dilihat dengan mata. Jadi Anda bisa menjelaskan, misalnya, bahwa di pegunungan itu dingin. Hal ini menjelaskan hal-hal yang dapat Anda alami melalui panca indera Anda, yaitu indera perasa. Sederhana, bukan?

Sekolahku terlihat bersih. Halamannya luas dan ditumbuhi rerumputan hijau yang menyejukkan udara. Selain itu, terdapat pohon beringin yang sangat lebat di halaman. Ruang sekolahku sangat besar. Lantai ubin digunakan di semua ruangan. Dinding kelas berwarna kuning. Warna pintu dan jendelanya hijau. Ini adalah foto sekolahku. Sekolah baruku mendapat teman-teman dan membuatku semakin termotivasi untuk belajar.

Dengan membaca teks tersebut pasti kamu sudah bisa membayangkan seperti apa ruangan sekolah dan kondisi di sekolah tersebut bukan? Jenis tulisan ini juga biasa digunakan untuk menulis artikel ilmiah. Jadi jangan lupa! Saat membuat teks deskriptif, tulislah teks ini secara kronologis atau berurutan, ya! Tujuannya adalah agar teks lebih terstruktur sehingga orang lain yang membaca tulisan Anda tidak kebingungan.

Demikian ulasan lengkap materi teks deskriptif mulai dari pengertian, struktur, jenis hingga contohnya. Jadi sekarang, saya harap Anda mengerti apa yang dimaksud dengan teks deskriptif, ya. Latihan membuat teks ini sampai terbiasa ya. Ya, materi bahasa Indonesia kelas 7 lainnya juga bisa kamu pelajari di ruang belajar. Terdapat video animasi, soal latihan, dan rangkuman yang pasti akan membantu Anda memahaminya dengan lebih baik.

Baca Juga  Ketimpangan Akan Titik-titik Proses Pembelajaran Di Sekolah

Tujuan Teks Deskripsi Di Bawah Adalah Mendeskripsikan ​

Penulis konten dan penyedia konten di. Saya harap postingan saya bermanfaat bagi Anda dan membantu Anda mempelajari satu atau dua hal! :DTPada teks deskriptif di atas, seekor kelinci yang diberi nama “Bagas” dideskripsikan sebagai sebuah benda, kelinci tersebut termasuk dalam karakter “Aku” pada teks tersebut. Teks tersebut menjelaskan tentang bentuk, tekstur, bulu dan kondisi kelinci domestik (B).

Teks deskriptif dapat diartikan sebagai teks yang berisi uraian tentang sifat-sifat suatu benda dengan kalimat penjelas. Teks ini memungkinkan pembaca dan pendengar melihat, mendengar, bahkan merasakan apa yang disampaikan penulis dalam teks tersebut. Teks deskriptif memberi pembaca gambaran akurat atau rinci tentang objek, tempat, dan peristiwa. Teks deskriptif dapat diartikan sebagai teks yang berisi uraian tentang objek, tempat, dan peristiwa. Struktur teks deskriptif terdiri dari beberapa bagian, mulai dari definisi, deskripsi, dan kemudian kesimpulan. Teks deskriptif digunakan untuk menggambarkan atau menjelaskan sesuatu. Kata “deskripsikan” sendiri berasal dari kata latin “describere” yang berarti menguraikan dan menguraikan suatu benda atau benda. Terdapat berbagai macam ciri atau ciri pada kalimat deskriptif, antara lain:

Pertanyaan baru di B. Dongeng Indonesia Bahasa Lampung 2. Menuliskan tokoh-tokoh cerita anak. Tulislah cerita dewasa dengan kata-katamu sendiri! Isilah bagian yang kosong sesuai cerita!5. Tuliskan latar, pesan dan tema cerita anak 1. Siapakah tokoh-tokoh dalam cerita anak tersebut? 2. Tuliskan tokoh pahlawan dalam cerita anak? – Skor Vina = – Skor Dina =3. Berikan jawabanmu tentang tokoh-tokoh cerita tersebut!4. Menulis latar, pesan, dan tema cerita anak? 5. Tulislah cerita anak tersebut dengan kata-katamu sendiri! Lengkapi poin-poin berikut sesuai cerita! 5. Perhatikan gambar berikut. Urutkan gambar-gambar tersebut menjadi gambar yang runtut. Kemudian Anda membuat teks cerita yang sesuai berdasarkan gambar… Sertakan konjungsi antar kalimat dalam teks Anda. Kunyit sering digunakan sebagai pewarna alami. Arti awalan pe pada kalimat di atas adalah untuk memberikan rincian bantuan apa saja yang diperlukan, beserta anggaran dan waktunya. Pertanyaan diposting secara anonim dan 100% bersifat pribadi.

Mencocokkan Anda dengan mentor terbaik untuk membantu menjawab pertanyaan Anda. Para pemimpin kami berkualifikasi tinggi dan terverifikasi.

Ciri Ciri Teks Deskripsi, Plus Pengertian, Struktur, & Contoh

Tutor Anda yang tepat akan memberikan bantuan yang dipersonalisasi sesuai dengan rincian pertanyaan Anda. Pembayaran dilakukan hanya setelah Anda menyelesaikan sesi 1 lawan 1 dan puas dengan sesi tersebut.

Baca Juga  Sederhanakan Bentuk Berikut

Akuntansi Periklanan Bioteknologi Penyiaran Hukum Bisnis Rencana Bisnis Komunikasi Analisis Data Kewirausahaan Excel Facebook Pemasaran Perhotelan Perdagangan Internasional Pemasaran Internet Jurnalisme Manajemen Pemasaran Berita Media Powerpoint Media Cetak Penerbitan Real Estat Manajemen Risiko Penjualan Olahraga Manajemen Rantai Pasokan Pariwisata

Studi Afrika Studi Amerika Animasi Antropologi Arsitektur Seni Memasak dan Memanggang Studi Budaya Desain Tari Pendidikan dan Pengajaran Bahasa Inggris Studi Etnis Desain Mode Film Studi Gender Geografi Studi Global Desain Grafis Desain Interior Desain Yahudi Arsitektur Lanskap Studi Amerika Latin Linguistik Sastra Studi Timur Tengah Teori Musik Musik Ilmu Politik Psikologi Agama Ilmu Sosial Sosiologi Teater Perencanaan Kota Studi Wanita

Aljabar Matematika Terapan Kalkulus Aritmatika Kriptografi Persamaan Diferensial Matematika Diskrit Grafik Geometri Aljabar Linier Matematika Teori Bilangan Analisis Numerik Teori Himpunan Probabilitas Statistika Trigonometri

Lkpd Teks Deskripsi

Pemrograman .NET Pemrograman Bash C# C++ Clojure CoffeeScript Erlang F# Go Haskell Html / CSS Java Javascript jQuery / Prototipe Linux Lisp MathLab MySQL OCaml Pascal Perl PHP Pemrograman Pinterest Python Q# R Ruby Rust Pengembangan Perangkat Lunak Swift Twitter Typepress Desain Situs Web

Pertanian Anatomi Fisika Terapan Astrobiologi Astronomi Astrofisika Biokimia Biologi Botani Kimia Eksplorasi Bumi dan Luar Angkasa Ekologi Ilmu Lingkungan Genetika Geografi Geologi Mikrobiologi Fisika Ilmu Roket Keberlanjutan Zoologi

Aplikasi Akuntansi Menulis Seni Penulisan Artikel Biologi Entri Blog Penelitian Bisnis Kimia Komunikasi Informatika Penulisan Kreatif Ekonomi Penyuntingan Email Teknik Copywriting Film Bahasa Inggris Film Lingkungan Bahasa Asing Geografi Tata Bahasa Kesehatan dan Kedokteran Sejarah Humaniora Hukum Sastra Manajemen Pemasaran Matematika Matematika Deskripsi Produk Sains Filsafat Pembuatan Kebijakan Polisi Penyuntingan Perangkat Lunak Psikologi Penelitian dan Kesimpulan Penulisan CV SAT Naskah Sains Shakespeare Ilmu Sosial Transkrip Penulisan Lagu Terjemahan dan Penulisan Bahasa Buku Putih

Kedokteran Gigi Kiropraktik Diet Kebugaran Kesehatan & Pengobatan Global Imunologi Kinesiologi Terapi Musik Neurologi Keperawatan Ilmu Nutrisi Farmakologi Populasi Kesehatan Masyarakat Kosakata Pekerjaan Toksikologi Kesehatan

Jual Buku Menulis Teks Deskripsi Dalam Bahasa Inggris Karya Djatmika Dan Rachmad Isnanto

Manajemen Penerbangan Teknik Biomedis Teknik Kimia Teknik Sipil Sistem Komputer Konstruksi Teknik Komputer Teknik Listrik Teknik Lingkungan Desain Industri Informatika Teknologi Informasi Rekayasa Produk Rekayasa Perangkat Lunak

Algoritma dan Struktur Data Kecerdasan Buatan Bahasa Perakitan Ilmu Komputer Basis Data Keamanan Siber Pembelajaran Mesin Jaringan Sistem Operasi Pengembangan Web

Teks deskriptif bahasa Indonesia @reallygreatsite Pengertian teks deskriptif Menurut KBBI, kata deskriptif mempunyai kata lain deskriptif yang artinya penjelasan atau gambaran yang jelas dan rinci dalam kata-kata. Definisi Singkat: Teks deskriptif adalah penjelasan yang jelas tentang sesuatu. Pemahaman komprehensif: Teks deskriptif adalah jenis teks

Teks deskripsi tentang rumahku, teks deskripsi, deskripsi teks bahasa inggris, jenis teks deskripsi, makalah teks deskripsi, teks deskripsi borobudur, teks deskripsi tentang wisata, teks deskripsi tentang bunga, teks deskripsi tentang gajah, teks deskripsi tentang kucing, pengertian teks deskripsi, teks deskripsi tentang handphone